Wednesday, May 22, 2013

Cheese Tart (filling strawberry)



Akhirnya kesampaian juga bikin cheese tart. Sudah berbulan-bulan punya keinginan, tapi apalah daya kalau tangan tak sampai. Untuk percobaan pertama, sudah lumayan lah. Sukses untuk masalah rasa. Beneran enak nich cheese tart. Apalagi di isi dengan selai strawberry, ehmmm... tambah mantap. Enak, gurih, renyah dan seger dari selainya, bikin nyemilin terus enggak mau berhenti.



Berhubung masih percobaan pertama, wajarlah kalau tampilannya enggak sebagus kak Azita sang maestro-nya. hehehe... (Pembelaan diri nich). Apalagi setelah melihat hasil karya kak Ita masam-manis yang bener-bener menggoda, tambah ngebet dech pengen bikin nich cemilan. Cheese tart bikinanku ini belum bisa cembung seperti gunung, begitu dingin, eh, lapisan cheesenya kempes. Sepertinya aku terlalu pelit memberikan lapisan cheesenya, kurang banyak. Lain kali kalau bikin lagi, aku kasih lapisan cheese yang banyak sampai hampir tumpah, biar bisa seperti gunung mau meletus. hihihi...


Untuk proses membuatnya, lumayan memakan waktu Moms. Jadi, kalau mau bikin tapi enggak punya waktu luang lumayan lama, bikin dulu kulitnya, kemudian disimpan dalam toples kedap udara, baru besoknya lanjut peyelesaiannya. Oya, untuk fillingnya, bisa sesuai selera atau stock yang ada di dapur kita kok, boleh selai bluberry, nanas atau bahkan diisi cokelat. Wah... Kayaknya next time aku mau nyoba yang cokelat itu aja dech. Soalnya sekeluarga pada doyan banget nich sama cokelat. hihihi...


Buat yang pengen nyoba bikin, ini dia resepnya.

Cheese Tart
by Azita Zain

Bahan :
-kulit-
170 gr margarin
50 gr gula halus
1 butir telur
1 sdt essens vanila
290 gr tepung terigu

-topping-
250 gr cream cheese
50 gr gula halus
1 butir telur
1/2 sdt essens vanila

selai sesuai selera untuk filling

Cara membuat :
1. Kulit : Campur mentega dan gula dengan sendok. Lalu masukkan telur dan essens, aduk kembali hingga rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, campur hingga rata dan adonan bisa dibentuk. Cetak dalam cetakan tart mini, tusuk-tusuk bagian bawah, lalu panggang selama 20 menit dengan api sedang. Angkat dan dinginkan.

tusuk bagian bawahnya dengan garbu agar tidak mengembung saat dipanggang

2. Topping : Keluarkan cream cheese dari kulkas, biarkan sebentar (10menit saja, jangan sampai mencapai suhu ruang), lalu campur dengan gula halus, kocok rata dengan mixer. Masukkan telur dan essens, kocok kembali hingga rata. Jangan terlalu lama, asal tercampur rata saja sudah cukup.
3. Isi kulit tart dengan selai.


4. Beri topping cheese hingga munjung, hias sesuai selera. Panggang dengan api kecil selama 5-10 menit. Asal bagian topping saat disentuh sudah tidak lengket berarti sudah matang. Siap disantap.



Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment