Friday, May 31, 2013

Banana and Bread Pudding


Selamat pagi menjelang siang Moms...

Akhirnya selesai juga tugas rumah tanggaku hari ini. Lanjut dengan online dan posting di blog dapur-ziah ini. Preman imoetku baru saja dijemput yang "ngemong", Zie minta naek kereta mini yang selalu lewat depan rumah. Tapi mohon maaf ya Zie, mama selalu menolak kalau Zie minta naek kereta mini, habis rutenya jauh, sepertinya akan membutuhkan waktu yang lama untuk kembali lagi ke rumah, walaupun tarifnya hanya Rp 2.500.

Kembali ke topik makanan yang aku posting, kali ini mama'e Zie memberdayakan roti tawar dan pisang yang sudah 3 hari di atas meja dan tidak ada yang menyentuh sama sekali. Dari pada mubadzir, aku sulap saja menjadi dessert yang yummy buat keluargaku tercinta. Aku juga bingung memberi nama apa, ya sudah lah, aku beri nama Banana and Bread Pudding aja.


Nah lho, buat sebagian orang memang selalu berasumsi puding itu sesuatu yang terbuat dari agar-agar dan sejenisnya. Empuk, dingin dan seger. Tapi sebenarnya kalau di luar negeri, julukan puding itu bisa juga untuk yang anget-anget kayak puding yang aku buat kali ini.

Banana and Bread Pudding ini rasanya beneran juara. Aku aja langsung habis 3 cup setelah sesi pemotretan. Enak apa lapar ya tepatnya? hahaha... Teksturnya yang lembut serta rasa manis dari susu, pisang dan kismis membuat lidah menari-nari Moms. Secara, memang aku ini pecinta pisang sejati (tapi kalau sudah diolah ya, hehehe...). Dimakan anget-anget bikin lupa diet, dan langsung dech 3 cup aku lahap. Penampakan bagian dalam puding ini sangat lembut seperti foto berikut ini.


Berikut resepnya.

Banana and Bread Pudding

Bahan :
3 buah pisang raja, iris bulat dan tipis
1 sdm mentega
3 lembar roti tawar, potong dadu
100 ml whipcream cair
200 ml susu UHT putih
1 butir telur
2 tetes essens vanila(optional)
kismis secukupnya

Cara membuat :
1. Panaskan wajan teflon.  Masukkan mentega kemudian pisang, bakar,  jangan lupa dibalik, tunggu hingga warna pisang kecokelatan.Sisihkan.
2. Campur whipcream, susu, telur dan essens vanila. Campur rata.
3. Tata roti tawar dalam cup tahan panas, beri pisang yang sudah dibakar dan taburi kismis.
4. Siram dengan cairan susu hingga semua bagian roti tawar terendam susu.
5. Panggang selama 45 menit dengan api sedang.
6. Siap dihidangkan.

Catatan :  beri air dalam loyang untuk memanggang agar bagian bawah puding nanti tidak kering dan gosong.

Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment