Tuesday, May 14, 2013

Steak Jamur Krispi


Hemmm... Lihat penampakannya saja sudah yummy. Beneran Moms, ini recommended banget buat sajian bersama keluarga. Enak, gurih, garing, kres dan pastinya bikin ketagihan. Ide awalnya aku peroleh waktu perjalanan ke rumah teman papap, lihat resto yang menyajikan berbagai olahan jamur, tapi mau mampir eh papap enggak mau, katanya enggak doyan jamur. Akhirnya aku bikin sendiri dech steak jamur ala dapur-ziah. Di luar dugaan, papap ternyata juga mau, hehehe...


Sajian ini terdiri atas jamur krispi yang garing, renyah dan gurih, kemudian disiram dengan saus steak ala dapur-ziah. Biar lengkap, sausnya aku beri beragam sayuran juga. Ada paprika merah, kacang polong dan tidak lupa bawang bombai biar tambah gurih.

Buat yang tertarik mencoba silahkan disave resepnya.

Steak Jamur

Bahan :
-jamur krispi-
250 gr jamur, potong sesuai selera, bersihkan lalu rendam di bumbu rendaman yang terdiri dari 1 siung bawang putih, 1/4 sdt garam dan 1/4 sdt ketumbar, haluskan lalu beri 100ml air

1 butir telur, kocok lepas untuk balutan jamur sebelum digulingkan ke tepung bumbu

-untuk balutan jamur, campur-
150 gr tepung terigu
50 gr tepung beras
1/2 sdt garam halus

-untuk saus-
1 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombai, potong bulat
1/4 buah paprika merah, potong panjang
1 sdm kacang polong kaleng
2 sdm saus tomat
1 sdm saus cabe
sejumput garam
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air

Cara membuat :
1. Membuat jamur krispi : tiriskan jamur dari rendaman, masukkan ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung bumbu, siap digoreng.
2. Membuat saus : Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, masukkan paprika dan kacang polong, tumis hingga mulai layu, masukkan saus tomat, saus cabe dan garam. Icipi, bila sudah pas, masukkan cairan tepung maizena, jangan lupa sesekali diaduk, setelah mendidih matikan api, siap untuk siraman jamur krispi.
3. Siap di sajikan.


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment