Senin, 20 April 2015

Asinan Buah


Assalamualaikum Moms...

Hari-hari ini cuaca tak menentu, kadang panas, tiba-tiba langsung mendung lalu jatuhlah si air hujan. Sama dengan cuaca di Blitar hari ini, kalau siang hari panasnya minta ampun, pasti bikin gerah dan pengen minum yang seger-seger. Kalau kata adikku, minuman yang seger-seger itu "vitamin" di hari yang panas. Entah ini kategori minuman atau apalah, yang jelas seger pakai banget. Campuran buah segar dengan kuahnya yang pastinya juga segar.

Oiya, resep ini aku dapat dari mbak Nindya Paramita teman waktu Latbar di grup NCC Malang, pokoknya semua anggota dan adminnya kece parah, semuanya membawa potluck resep andalan, makanya aku pengen nyoba bikin semua potluck yang dibawa teman-teman. Eiittsss, potlucknya udah ada yang aku praktekan, lha hasil Latbarnya mana??? Nah itu dia, aku berencana (*baca : kemungkinan kecil) nanti malam bikin JCC hasil Latbar kemarin, doakan enggak males dan terserang virus ngantuk ya. hihihi,.. Makasih ya mbak Nindya Paramita atas resepnya yang mantap, enak, seger dan langsung ludes lho, ini sengaja aku sisain dikit buat foto. hahaha...


Asinan Buah
by : Nindya Paramita

Bahan :
buah-buahan sesuai selera, bersihkan dan potong-potong

-kuah asinan-
2L air
500gr gula pasir
air jeruk nipis/cuka secukupnya (kemarin aku pakai air dr 1 buah jeruk nipis ukuran sedang)

-bumbu halus-
5 buah cabai rawit
5 buah cabai merah keriting
2 sdt terasi
garam secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan air dan gula jerang hingga hampir mendidih, masukkan air jeruk nipis.
2. Masukkan bumbu halus, masak lagi hingga air benar-benar mendidih. Matikan api.
3. Setelah kuah hangat, masukkan buah-buahan yang sudah dipotong sesuai selera.
4. Dinginkan, lebih nikmat setelah semalam di  lemari es, bumbu kuahnya lebih meresap ke buah-buahan.


Note : kalau aku kuahnya disaring dulu baru masukkan buahnya

Happy baking Moms...

Sabtu, 04 April 2015

Pizza Salami Favorite Keluargaku


DSC_0166

Hallo Moms...

Ini adalah pizza topping salami favorite keluargaku selain topping sosis pastinya. Kenapa enggak pakai daging giling, susah di sini kalau mau beli cuma sedikit, mesti banyak dan tempat yang jual daging plus ada jasa menghaluskannya lumayan jauh dari rumah. Pengennya sih beli foodprosesor aja, tapi masih kalah sama kebutuhan lainnya. hihihi... Oiya, salami ini juga susah nyari di Blitar kota kecilku tercinta, harus pesen dulu ke supplier aneka daging olahan atau beli saat aku mudik ke Malang. Aku tanya suppliernya kenapa enggak nyetok saja, eh dia jawab enteng aja "lha soalnya yang beli cuma sampean mbak (*aku maksudnya)". Masih kurang familiar sepertinya orang daerahku sama si salami ini.

DSC_0165

Buat yang pengen eksekusi pizza, silahkan di buka link berikut ya? Toppingnya terserah kita saja, sesuka hati plus memberdayakan bahan yang ada di lemari ajaib dapur masing-masing saja. Mau pakai tuna, sosis, salami, daging giling atau apa pun enggak masalah, kan dimakan sendiri jadi sesuaikan sama selera lidah kita sendiri donk. Langsung cap-cus ke link berikut ya untuk resep dasarnya, silahkan dimodifikasi sesuai selera dapur masing-masing.

Happy baking Moms...

Rabu, 18 Maret 2015

Floss Roll Bun (*Abal-Abal)

DSC_0231

Assalamualaikum Moms...

Yeachhh... Pemilik blog lagi keranjingan baking ceritanya, di sela-sela rutinitas pengerjaan pesanan, selalu menyempatkan waktu buat eksekusi menu lainnya. Ceritanya ada sisa adonan roti, langsung kepingin bikin  Floss Roll Bun, karena enggak niat bikin ini dari awal, ya gitu deh, aku beri tambahan kata *Abal-Abal saja karena disesuaikan dengan bahan yang ada. hahaha...


Untuk resep dasar rotinya, bisa menggunakan resep andalan Moms sekalian ya, tinggal digiling tipis lalu panggang dan taburi wijen,eh jangan lupa dioles kuning telur dulu biar mengkilat warnanya. Nah dalam eksekusiku kali ini, rotinya over bake, alhasil saat digulung ada yang patah permukaan rotinya. Kelihatan kan bagian yang patahnya? Tapiiii, enak lho, langsung ludes, maklum penggemar olahan serba roti semua. hihihi...

Floss Roll Bun (*Abal-Abal)

Bahan :
adonan roti secukupnya, bisa pakai adonan di resep ini

-topping-
1 kuning telur kocok lepas
wijen secukupnya
daun bawang yang di iris secukupnya (aku tadi gak pakai)

-isi-
mayonaise secukupnya
abon sapi yang berserat secukupnya



Cara membuat :
1. Giling tipis adonan roti, taruh dalam loyang yang sudah bersemir margarin.
2. Setelah mengembang, oles dengan kuning telur, taburi wijen dan daun bawang iris.
3. Oven hingga matang.
4. Balik roti pada kertas roti, oles mayonaise pada bagian dalam roti dan taburi abon sapi merata, gulung segera selagi hangat.
5. Potong-potong, lalu oles mayonaise pada bagian sisi-sisinya, tutup dengan abon. Siap disajikan.

Happy baking Moms...

Senin, 16 Maret 2015

Marble Cheese Brownies


DSC_0143

Selamat malam Moms...

Alhamdulillah beberapa hari ini memiliki mood yang bagus untuk baking dan sedikit lebih lama di dapur. Hari ini eksekusi brownies lagi, soalnya bikinnya gampang dan cepet banget. Sebenarnya Marble Cheese Brownies ini bisa menggunakan semua resep brownies, hanya saja toppingnya bukan dengan almond atau keju parut melainkan adonan cream cheese. Buat yang kepingin mencoba bikin di dapur tercinta, silahkan menggunakan resep brownies andalannya ya. Buat yang pengen ala dapur-ziah, silahkan dibaca lebih lanjut. hehehe...

DSC_0136

Awalnya kepingin motif marble gitu di atas browniesnya, soalnya belum pernah bikin versi ini. Ingat kalau di kulkas ada cream cheese yang sudah nongkrong hampir satu minggu, akhirnya eksekusi deh hari ini, sekalian mixer sama pesanan (*tetep ada unsur ekonomisnya ibu-ibu rumah tangga yang sekali merengkuh dayung 2 pulau terlampaui). Untuk Brownies kali ini, masih setia dengan resep Ummu Allegra di sini, hanya saja telurnya aku kocok sampai mengembang, biar teksturnya agak-agak sponge dikit tapi tetep brownies kok. hihihi... 

DSC_0122

Marble Cheese Brownies

Bahan :
resep dasar brownies bisa dilihat di sini atau di sini.

-bahan topping-
100 gr cream cheese
25 gr mentega
50 gr gula pasir
1 butir telur
1 sdm tepung terigu

Cara membuat :
1. Buat adonan topping, campur semua bahan, mixer sebentar hingga adonan tercampur rata. Sisihkan.
2. Buat adonan brownies sesuai resep yang dinginkan.
3. Tuang adonan brownies cokelat ke loyang, beri adonan topping dibeberapa titik, buat motif marble dengan garbu.
4. Panggang hingga matang.

DSC_0098

Happy baking Moms...

Minggu, 15 Maret 2015

Pai Cum-Cum (Puff Pastry Isi Vla Vanilla)



Assalamualaikum Moms...

Udah lama banget aku enggak posting resep plus foto-foto hasil baking yang special untuk postingan blog ini, beberapa hari, eh salah minggu atau bulan mungkin tepatnya ya, selalu posting hasil baking untuk dijual saja. Kayaknya pemilik blognya lagi matre, males baking kalo enggak untuk dijual. hahaha... *Upss keceplosan. Alhasil ini fotonya susah banget ngambilnya, mungkin harus adaptasi ulang dan juga belajar lagi tentang pencahayaan, tata letak props, reflektor dan lain-lain. Sudah tua jadi gampang lupa. hihihi...

DSC_0018

Dua hari lalu (*lama amat ya?), si papap request dibikinin apa aja asal manis dan dari kulit pastry, jadilah hari ini eksekusi Pai Cum-Cum ini. Sebenernya ini sama kayak kue Cum-Cum yang pernah aku posting, tapi aku lupa naruh cetakan Cum-Cum alias Horn Pastry dimana, ya sudahlah, pakai cetakan pai saja. Jangan ditiru ya sifat pelupa plus suka nomaden kalau naruh barang-barang. Kata pak suami hasilnya enak, langsung ludes, ini sudah tinggal cucian alat baking aja yang seabrek, Pai Cum-Cumnya sudah masuk perut semua.

Berikut resep Pai Cum-Cum yang aku buat hari ini, untuk kulitnya bisa dilihat di resep yang sebelumnya ya, berikut linknya.

Pai Cum-Cum (Puff Pastry Isi Vla Vanilla)

Bahan :

kulit pastry secukupnya, lihat di sini

-Vla Vanilla-
80 gr tepung terigu
20 gr tepung custard (bisa diganti tepung maizena)
100 gr gula pasir (tergantung selera)
4 butir kuning telur
3 cup susu UHT (sekitar 600-700 ml)
1/2 sdt essens vanilla
1/4 sdt garam halus


Cara membuat :
1. Membuat vla, campur semua bahan, aduk rata, panaskan diatas api kecil aduk terus sampai meletup-letup, angkat dan dinginkan. Siap digunakan.
2. Cetak kulit pastry dalam cetakan pai, beri pemberat bagian atasnya agar tidak menggembung, aku tadi aku beri cetakan pai yang lebih kecil dan aku isi dengan beras sebagai pemberat.
3. Panggang kulit pastry hingga matang, angkat dan dinginkan. Keluarkan dari cetakan.
4. Isi puff pastry yang sudah matang dengan vla vanilla, hias dengan kismis atau cery merah. Sajikan.

Happy baking Moms...

Sabtu, 07 Maret 2015

Birthday Cake (Late Post)


Selamat malam Moms...

Numpang eksis fotonya saja ya? Base cakenya pakai vanilla cotton cake seperti resep yang sudah pernah saya share sebelumnya, krimnya pakai non-diary whipped cream, pinggiran cokelat dan topping aneka buah-buahan sesuai request yang pesan. Sudah dulu ya? Maklum sekarang lagi kena virus malas lama-lama di depan laptop. hehehe...

Happy baking Moms...

Senin, 23 Februari 2015

Pancake Durian


Assalamualaikum Moms...

Selamat pagi semua, lihat di label blogku, oh ternyata postingan terakhir tanggal 1 Februari kemarin, wah beneran males tinggat dewa ini kayaknya. hihihi... Kali ini aku posting resep pancake durian yang beberapa minggu terakhir jadi produk favorite di dapur-ziah, sekaligus memenuhi janjiku pada teman yang minta resepnya. Oya, ada juga teman yang tanya, kenapa aku memposting resep-resep jualanku, apa enggak takut dijiplak orang. Rejeki semua ada yang mengatur dan pasti tidak akan tertukar, pilihan membagi resep atau tidak itu jadi pilihan pribadi masing-masing, toh juga banyak resep bertebaran di google dan aku juga memakai itu, hanya beberapa saja yang aku modifikasi disesuaikan dengan selera dapur-ziah, setidaknya ilmu ini lah yang bisa aku bagikan dengan teman-teman yang lainnya, semoga bermanfaat itu saja tujuanku. Harapan kedepannya aku juga bisa mengundang teman-temanku untuk praktik bersama biar jelas dengan melihat langsung, tapi entah kapan akan terwujud, dapurku masih belum layak dapat kunjungan. hahaha...



Berikut resep pancake durian yang aku dapat di NCC, kulitnya resep bunda Fatmah Bahalwan yang sedikit aku modifikasi, isiannya ide mbak Nia Kurniasih.

Pancake Durian

Bahan :
-kulit-
3 butir telur, kocok lepas
1 sdm gula castor (aku tambahi soalnya ada yang kasih saran kulitnya diberi rasa manis sedikit)
500 ml santan cair (aku pakai susu UHT 500-600 ml)
1/2 sdt garam halus
250 gr tepung terigu protein sedang

-isian-
whipped cream non dairy, kocok kaku (bisa juga whipped cream bubuk plus air es sesuai petunjuk kemasan, kalau mau lebih kokoh, kurangi sedikit jumlah air es saat akan mengocok)
daging durian yang manis dan tidak keras

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kulit, aduk rata dan sisihkan minimal 1 jam.
2. Saring adonan kulit, lalu dadar seperti membuat kulit lumpia, lakukan hingga adonan habis.
3. Setelah kulit dingin, ambil selembar kulit pancake, beri sesendok makan whipped cream lalu sesendok makan daging durian, lipat seperti membuat lumpia.
4. Dinginkan di lemari es sebelum disajikan.

Kulit untuk sekitar 25 buah.

Happy baking Moms...