Senin, 23 Februari 2015

Pancake Durian


Assalamualaikum Moms...

Selamat pagi semua, lihat di label blogku, oh ternyata postingan terakhir tanggal 1 Februari kemarin, wah beneran males tinggat dewa ini kayaknya. hihihi... Kali ini aku posting resep pancake durian yang beberapa minggu terakhir jadi produk favorite di dapur-ziah, sekaligus memenuhi janjiku pada teman yang minta resepnya. Oya, ada juga teman yang tanya, kenapa aku memposting resep-resep jualanku, apa enggak takut dijiplak orang. Rejeki semua ada yang mengatur dan pasti tidak akan tertukar, pilihan membagi resep atau tidak itu jadi pilihan pribadi masing-masing, toh juga banyak resep bertebaran di google dan aku juga memakai itu, hanya beberapa saja yang aku modifikasi disesuaikan dengan selera dapur-ziah, setidaknya ilmu ini lah yang bisa aku bagikan dengan teman-teman yang lainnya, semoga bermanfaat itu saja tujuanku. Harapan kedepannya aku juga bisa mengundang teman-temanku untuk praktik bersama biar jelas dengan melihat langsung, tapi entah kapan akan terwujud, dapurku masih belum layak dapat kunjungan. hahaha...



Berikut resep pancake durian yang aku dapat di NCC, kulitnya resep bunda Fatmah Bahalwan yang sedikit aku modifikasi, isiannya ide mbak Nia Kurniasih.

Pancake Durian

Bahan :
-kulit-
3 butir telur, kocok lepas
1 sdm gula castor (aku tambahi soalnya ada yang kasih saran kulitnya diberi rasa manis sedikit)
500 ml santan cair (aku pakai susu UHT 500-600 ml)
1/2 sdt garam halus
250 gr tepung terigu protein sedang

-isian-
whipped cream non dairy, kocok kaku (bisa juga whipped cream bubuk plus air es sesuai petunjuk kemasan, kalau mau lebih kokoh, kurangi sedikit jumlah air es saat akan mengocok)
daging durian yang manis dan tidak keras

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kulit, aduk rata dan sisihkan minimal 1 jam.
2. Saring adonan kulit, lalu dadar seperti membuat kulit lumpia, lakukan hingga adonan habis.
3. Setelah kulit dingin, ambil selembar kulit pancake, beri sesendok makan whipped cream lalu sesendok makan daging durian, lipat seperti membuat lumpia.
4. Dinginkan di lemari es sebelum disajikan.

Kulit untuk sekitar 25 buah.

Happy baking Moms...


Minggu, 01 Februari 2015

Donat Kentang "Isi Cokelat"


Assalamualaikum Moms...

Waaahhhh.... Lama banget ya enggak update blog, terlalu lama kena virus males ngeblog. Walaupun aktifitas dapur tetap berjalan, tapi proses dokumentasi selalu saja terlewatkan. Kali ini mau posting resep donat kentang yang super empuk dan pasti langsung ludes tiap kali bikin. Resep asli dari Donat kentang NCC punya ibu Fatmah, tapi semua bahan bisa disesuaikan dengan yang ada dirumah kok, misal enggak ada kentang bisa diganti labu atau ubi, semuanya tergantung kreasi kita lah. Kali ini aku beri isian dengan cokelat saja, karena itu favorite suami dan si kecil. Udah segini aja dulu ya updatenya, dapur sudah memanggil. hehehe... Langsung saja berikut resepnya.

Donat Kentang "Isi Cokelat"
by : Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan :
-bahan A-
100 ml air (aku pakai air hangat (bukan panas) untuk mencampur dengan ragi)
11 gr (1 sachet) ragi instan

200 gr kentang kukus yang dihaluskan, dinginkan
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
4 kuning telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
75 gr mentega

-bahan B-
cokelat filling
minyak goreng
gula donat

Cara membuat :
1. Campur air hangat dan ragi instan, aduk rata sisihkan hingga berbusa (5-10 menit).
2. Campur semua bahan A. uleni hingga kalis. Diamkan selama 30 menit.
3. Kempiskan adonan, timbang seberat 50 gr, beri cokelat filling, bentuk bulat, lalu diamkan kembali hingga mengembang selama kurang lebih 20 menit.
4. Panaskan minyak goreng, goreng donat isi hingga matang, usahakan hanya membalik sekali saja agar terbentuk ring warna putih di bagian tengahnya.
5. Taburi dengan gula donat.

Happy baking Moms...

Rabu, 24 Desember 2014

Foto Sejak Jaman Dahulu Kala

Selamat pagi Moms... Maaf pamer foto saja, mumpung gak males. hihihi... Kurang lebih ini beberapa kambing hitam yang menyebabkan aku enggak pernah update blog.






















Senin, 08 Desember 2014

Mozarella Bread


Hallo Moms...

Tumben ya pagi-pagi udah rajin? Mumpung lagi rajin, akhirnya nulis resep yang sebenarnya super simple dan enggak penting banget, hehehe... Ini hasil iseng di dapur beberapa hari lalu membuat roti mini bareng preman imoetku si Zie, Hanya saja bedanya, ini resep adonan roti favoritku yang aku isi dengan keju mozarelle dan aku beri topping butter plus garlic bread alias bawang bubuk. Rasanya mantap, aku habiskan bareng Zie, sampai pak suami protes, kok tinggal fotonya saja, hihihi...


Buat yang pengen mencoba, berikut resepnya.

Mozarella Bread

Bahan :
Adonan roti siap pakai, resep pernah aku tuliskan di sini

keju mozarella potong dadu, secukupnya

2 sdm butter
1 sdt garlic bread bubuk

Cara membuat :
1. Ambil adonan roti seberat 25 gr, isi dengan beberapa keju mozarella, bulatkan dan pastikan rapat agar keju tidak meleleh keluar. Biarkan hingga mengembang.
2. Campur butter dan garlic bread bubuk hingga rata.
3. sapukan tipis campuran butter di atas adonan roti yang sudah mengembang.
4. Panggang hingga matang, jika kurang cantik warna/toppingnya, sapukan lagi campuran butter, panggang sebentar.

Happy baking Moms...

Elmo Cupcakes


Selamat pagi Moms...

Beberapa hari terakhir disibukkan dengan rutinitas yang lebih padat dari biasanya, mulai jadwal mengajar yang padat untuk persiapan UAS, pesanan yang datangnya bersamaan dan adik yang lagi persiapan UAS juga,mesti dibimbing biar enggak tidur melulu. hehehe... Oya, kembali ke jalan yang benar ya, ini adalah cup cakes pesenan teman beberapa hari yang lalu, seperti biasa postingnya selalu telat. hihihi... Base cakenya menggunakan cake cokelat yang dibuat lebih moist daripada cotton cake, biar kokoh menyangga si cream hiasan di atasnya. Temanya adalah Elmo Cupcakes, tapi sepertinya enggak mirip Elmo ya??? Kalau kebanyak orang bilang ini namanya malah monster cupcake, entahlah aku juga kagak ngerti. Berikut resep yang aku gunakan.


Elmo Cupcake ( Monster Cupcake )

Bahan :
225 gr terigu protein sedang
50 gr cokelat bubuk
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue

100 gr butter
200 gr DCC

2 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdt vanila essens

125 ml buttermilk (bisa pakai susu UHT+1 sdm air jeruk lemon, biarkan hingga menggumpal)

buttercream untuk topping
cookies untuk topping
fondant yang dibentuk mata untuk topping

Cara membuat :
1. Ayak tepung, cokelat bubuk, baking powder dan soda kue, sisihkan.
2. Lelehlan butter dan DCC, sisihkan.
3. Kocok telur, gula dan vanilla essens hingga mengembang, masukkan lelehan butter dan DCC.
4. Masukkan bahan kering bergantian dengan buttermilk, aduk balik, diawali dengan tepung dan diakhiri dengan tepung juga, tepung dalam 3 tahap, buttermilk dalam 2 tahap.
5. Masukkan dalam cup sampai 3/4 tinggi, panggang hingga matang.

Happy baking Moms...

Minggu, 30 November 2014

Brownies Es Krim


Selamat malam Moms...

Besok akan memasuki bulan baru yaitu Desember ceria, bulan terakhir tahun ini. Begitu ingat kalau besok sudah Desember, aku juga jadi ingat kalau challenge Indonesian Foodblogger Kreasi Dapur bersama Sajian Sedap juga akan berakhir. Padahal sudah aku rancang jauh-jauh hari untuk ikutan challenge ini, tapi tetap saja akhirnya di detik-detik terakhir baru bisa dieksekusi. Aku ngotot pengen ikutan challenge ini dari awal, soalnya Sajian Sedap adalah salah satu web yang sangat menginspirasi bagiku tentang dunia per-baking-an. Bisa dibilang kalau sudah mati gaya, langsung ketik "Sajian Sedap" pasti bakalan rontok semua ide-ide baru untuk menyajikan menu di rumah.


Hari ini cuacanya gerimis sepanjang hari, ditambah aku hanya punya peralatan foto yang sangat minim, alhasil ya beginilah foto yang bisa aku setor, sederhana sekali. Yang jelas tidak mengurangi semangatku meramaikan challenge Indonesian Foodblogger kali ini lho, harus tetep semangat berkarya dengan segala sarana dan prasarana yang ada. hehehe... Untuk resep yang aku ambil dari sajian sedap kali ini adalah Brownies Sandwich Es Krim, rasa legit dan manis dari brownies cokelat dipadukan dengan es krim vanilla yang segar, benar-benar perpaduan yang pas. Memang sajian sedap selalu memberikan menu-menu yang mantap buat pembacanya. Buat yang ingin melihat resep aslinya, silahkan langsung meluncur ke web "Sajian Sedap" di sini ya. Ini juga aku tuliskan ulang resepnya, aku beri nama Brownies Es Krim saja sesuai nama yang diberikan anakku. hehehe...


Brownies Es Krim
by : Sajian Sedap

Bahan :
-brownies-
100 gr margarin (diganti butter juga boleh)
200 gr DCC, cincang kasar
2 butir telur
100 gr gula pasir
30 gr tepung terigu protein sedang
25 gr cokelat bubuk
1/4 sdt baking powder

Es krim vanilla secukupnya
DCC leleh untuk melapisi bagian luarnya
kacang mete sangrai cincang untuk taburan atasnya (aku enggak pakai, lagi gak ada stock)

Cara membuat :
1. Ayak tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder, sisihkan.
2.  Lelehkan margarin di atas api kecil, matikan api, lalu masukkan DCC cincang, aduk hingga leleh. Sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, masukkan margarin leleh dan tepung secara bergantian, aduk rata.
4. Tuang dalam loyang 28x28x3 cm. Panggang selama 10 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.
5. Potong brownies menjadi 2 bagian sama besar, beri satu bagian dengan es krim vanilla, tutup dengan brownies yang satunya. Simpan dalam frezzer, biarkan beku.
6. Potong brownies sesuai keinginan, celup dalam DCC leleh, bekukan lagi.
7. Siap disajikan.

Happy baking Moms...

Sabtu, 29 November 2014

Kentang Panggang


Assalamualaikum Moms...

Hemmm... weekend dan hujan, perpaduan pas untuk meluangkan waktu ngengisi blog, hehehe... Enggak nyambung kan ya? Baiklah, berhubung sudah pada tanya resep kentang panggang yang aku upload lebih dulu fotonya di FB, akhirnya aku sempatkan untuk mengelap debu yang ada di blog ini sambil menghabiskan malam minggu yang sepi (*ciahaha... ditinggal mudik ceritanya).


Sebenarnya awal mula melihat kentang panggang ini dari postingan teman-teman NCC yang diprakarsai oleh yang Besta Arlita, terima kasih ya mbak sharing ilmunya. Ini aku modif sesuai selera dapurku, maklum beda lidah kan beda rasa. Kalau mbak Besta, kentangnya dipotong kecil-kecil, tapi setelah eksekusi, aku lebih suka yg dihaluskan dan diberi bumbu, semua kembali ke selera lidah masing-masing ya. Berikut resep Kentang Panggang hasil modifikasi oleh dapur-ziah.


Kentang Panggang
by : Besta Arlita
modif by dapur-ziah

Bahan :
-bahan A-
1 kg kentang kukus, haluskan
1/2 sdt garam halus
1/4 sdt lada bubuk
1/4 sdt kaldu ayam bubuk (Optional)

-bahan B-
1/2 buah bawang bombay, rajang halus lalu tumis, sisihkan
500 ml susu UHT plain (bisa pakai kaldu ayam 500 ml + 2 sdm susu bubuk)
2 butir telur ukuran besar
1/4 sdt garam halus
1/4 sdt lada bubuk
3 sdm tepung terigu protein sedang

sosis ayam secukupnya, potong-potong
keju parut secukupnya (bisa juga dipotong dadu)
mayonaise secukupnya
saus sambal untuk penyajian

Cara membuat :
1. Campur semua bahan A, aduk rata. Sisihkan.
2. Campur semua bahan B, aduk rata dengan whisk. Sisihkan.
3. Tata dalam loyang kentang yang sudah berbumbu hingga setengah tinggi, beri sosis dan keju, siram dengan bahan B, tata lagi kentang halus hingga loyang penuh, beri sosis dan keju lagi, siram dengan bahan B hingga penuh. Lakukan hingga habis.
4. Kukus selama 10 menit, lalu angkat.
5. Beri topping mayonaise sesuai selera. Panggang hingga matang
6. Siap disajikan dengan saus sambal.


Happy baking Moms...