Thursday, May 23, 2013

Vanilla Butter Cake



Lagi kepingin cake nich, akhirnya aku eksekusi vanilla butter cake dari resep mbak Wendy-table 2 or more. Berhubung di daerahku enggak ada yang jualan vanila bean, aku memakai essens vanila dari red bell aja, kayaknya sich kalau pakai vanila bean bakalan lebih wangi semriwing hasilnya. hehehe...


Hasil eksekusiku ini masih belum sukses 100%. Ada bagian cake yang padat di bagian bawahnya, walau cuma sedikit di bagian pojoknya, tapi bikin kecewa juga. Ini gara-gara enggak baca resep dengan jeli dech kayaknya. Gula pasirnya aku enggak pakai yang halus, tapi pakai gula pasir biasa, hadewww... capek dech. Mau biki lagi kok ya sudah males. Tapi rasanya enak Mooms... Kayaknya suatu saat boleh juga nich cake dijadikan base kue tart kalau ada perayaan di keluarga kecilku.


Panas-panas udah enggak sabar aku potong. Wanginya bikin pengen cepet-cepet ngicipin. hehehe... Buat Moms yang pengen nyoba, ini aku tuliskan kembali resepnya.

Vanilla Butter Cake

Bahan :
230 gr mentega
50+150 gr gula pasir halus
200 gr telur (4 butir)
200 gr tepung self rising (bisa pakai terigu protein sedang ditambah sesendok teh baking powder)
60 ml susu
1 sdt vanilla essens

Cara membuat :
1. Kocok putih telur dengan 50 gr gula hingga soft peak. Sisihkan.
2. Kocok mentega dan 150 gr gula hingga kaku, tambahkan essens vanila, kocok rata. Masukkan kuning telur satu persatu. Kocok kembali.
3. Masukkan tepung dan susu sedikit demi sedikit secara bergantian sambil terus dikocok pada adonan mentega tadi. Kocok rata.
4. Masukkan separuh adonan putih telur, kocok dengan kecepatan paling rendah. Masukkan separuhnya lagi, aduk balik hingga rata.
5. Tuang ke loyang ukuran 20 x 20 cm yang sudah dioles mentega.
6. Panggang selama 30-45 menit. Jangan lupa diputar posisi loyang agar matang merata. Tes tusuk untuk memastikan kematangan.
7. Setelah matang, keluarkan dari loyang, tunggu dingin dan siap dipotong.

Eits... Zie numpang exis ya, bingung aja minta ikut difoto nich. hehehe...


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment