Tuesday, June 17, 2014

Janhagel


Assalamualaikum Moms...

Berhubung sudah hawa-hawa mau bulan ramadhan, yang punya blog semangatnya bikin cookies nih untuk persiapan lebaran. Sekalian uji coba untuk menentukan kira-kira yang pas untuk suguhan tamu yang mana. (*padahal belum tentu open house karena dijamin pasti mudik, hehehe...) Sering sekali lihat postingan cookies Janhagel ini, tapi malah belum pernah makan ataupun bikin, ini yang pertama kalinya bikin Janhagel plus pertama kalinya makan.

Membuatnya super mudah, aku lihat di Sajian Sedap resep Janhagel ini, intinya adalah adonan cookies biasa yang dipanggang setengah matang, lalu di beri olesan kuning telur, lanjut di taburi kenari (aku pakai almond) dan gula pasir, kemudian dipotong-potong dan dipanggang lagi sampai matang. Akhirnya aku bikin enggak sesuai pakem di Sajian Sedap itu, aku bikin sesuka hati tapi intinya tetap enak. hehehe... Berikut resep Janhagel ala dapur-ziah.


Janhagel

Bahan :
100 gr mentega
50 gr margarin
1 kuning telur
1/2 sdt vanila essens

225 gr tepung terigu protein sedang (kalau aku suka mencampur antara protein rendah dan sedang)
2 sdm susu bubuk
2 sdm gula kastor (aku pakai gula palem halus biar warnanya eksotis kayak yang bikin, hahaha)

1 buah kuning telur + 1 sdt susu uht, kocok untuk olesan
kenari slice ( aku pakai almond), sangrai
gula pasir

Cara membuat :
1. Panaskan oven.
2. Kocok mentega, margarin, kuning telur dan vanila essens hingga mengembang.
3. Masukkan tepung, susu bubuk dan gula kastor. Aduk rata dengan sendok kayu.
4. Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas baking dan dipoles margarin tipis, ratakan adonan di atas loyang.
5. Panggang selama 10 menit.
6. Keluarkan adonan dari oven, olesi kuning telur, taburi kenari slice dan gula pasir, potong sesuai selera.
7. Panggang lagi hingga matang.

Happy baking Moms...

1 comment:

  1. Wa alaikom salaam ww. Please sister, can I have an English version of this recipe.

    ReplyDelete