Rabu, 19 Februari 2014

Kue Cucur




Assalamualaikum Moms...

Postingan kali ini sesi curhat ya Moms, tapi ada resepnya juga kok. Hihihi... Beberapa hari ini dirumah lagi enggak ada konsumen yang ngehabisin masakanku. Papap ada acara di sekolahannya, jadi tiap siang enggak pulang. Pagi cuma sarapan menu ringan, hanya malam saja biasanya kami makan bersama. Rasanya males banget masak kalau ujung-ujungnya enggak ada teman makan. Makan malam biasanya papap nungguin aku pulang kerja, maklumlah, jadwal kerjaku lain dari yang lainnya, saat pada pulang kerja, aku justru baru berangkat, yach beginilah nasib pengajar les-lesan. hehehe... Disyukuri saja, insyaALLAH selalu cukup rejeki yang kita terima. Amin...


Sebenarnya ada keuntungan juga dengan jadwal kerjaku yang berbeda ini,biasanya preman imoetku si Zie jadi cuma sebentar aku titipin, karena setelah aku berangkat kerja, beberapa menit kemudian sudah dijemput lagi sama suami di tempat penitipan, kalau suami pas enggak capek ya, hehehe... Alhamdulillah suamiku mau dan mampu menjaga Zie, walaupun saat aku pulang kerja keadaan rumah seperti kapal pecah. Moms juga mengalami hal itu kah? Atau cuma anakku saja ya yang suka menurunkan perapot dapur, buku, alat kosmetik dan barang-barang rumah tangga lainnya.


Baiklah, kembali ke tema utama postingan kali ini. hehehe... Kemarin aku membuat kue cucur yang terinspirasi dari karya mbak Maya Pawon Ayu. Penampakan seratnya benar-benar menggoda. Karena ada trik dari mbak Maya untuk membuat kue cucur ini tanpa dikeplok-keplok, makanya aku jadi semangat untuk membuatnya. Caranya cukup dimixer saja, tapi agak lama ya, mbak Maya mixer adonan selama 30 menit, karena aku sudah enggak sabar plus tanganku pegel megangin mixer, cukup 20 menit saja sudah menyerah. Tapi alhamdulillah berserat juga hasilnya. Terima kasih ya mbak Maya sharing resepnya.

Berikut resepnya.

Kue Cucur
by : Majalah Sedap via Mbak Maya Pawon Ayu

Bahan :
230 ml air
125 gr gula merah
2 sdm gula pasir
2 lembar daun pandan, sobek-sobek simpulkan

125  gr tepung beras
30 gr tepung terigu protein sedang
1/4 sdt garam halus

Cara membuat :
1. Panaskan air, gula dan daun pandan hingga gula larut. Matikan api, biarkan hangat kuku. Saring.
2. Campur cairan gula dengan tepung dan garam, mixer dengan kecepatan rendah selama 30 menit (aku cuma 20 menit).
3. Diamkan adonan selama 45 menit.
4. Siapkan wajan cekung, panaskan 4 sendok makan minyak goreng.
5. Masukkan sesendok sayur adonan, siram-siram minyak agar berserat cantik.
6. Tusuk bagian tengah dengan tusuk sate agar matang merata.
7. Balik sebentar, angkat.
8. Lakukan hingga adonan habis.

Untuk 11 buah (mbak Maya jadi 18 buah, wajanku enggak terlalu cekung, kalau terlalu sedikit menuang adonan jadinya terlalu tipis)

Happy baking Moms...

2 komentar:

  1. Cantik kue cucurnya berserat dan bersarang ya mbak Eva, senang lihatnya.....happy baking & cooking ya Mbak Eva :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah berhasil mbak, seneng banget dan langsung ludes. Trims lho mbak sharing resepnya...

      Hapus