Jumat, 14 Februari 2014

Dadar Gulung Ubi Ungu


Assalamualaikum Moms...

Pagi-pagi langsung online nich, padahal pekerjaan rumah belum selesai semua. Hadewh... Jangan ditiru ya Moms!!! hehehe... Pasca letusan Gunung Kelud pada hari Kamis malam, 2 hari yang lalu, baru hari ini menyalakan laptop. Meskipun di rumahku tidak hujan abu separah di Kediri dan Solo, tetapi rasa khawatir itu tetap ada, apalagi status Gunung Kelud sekarang masih "awas". Semoga tidak ada letusan susulan lagi. Kamis malam adalah malam paling mencekam yang pernah aku alami Moms, kilat seperti menyambar-nyambar di atas rumah. Suara gemuruh yang tak kunjung berhenti, seperti ombak besar dipantai. Fenomena itu terjadi mulai pukul 10 malam dan baru berhenti sekitar pukul 3 pagi. Oya, diakhiri dengan hujan pasir-pasir kecil di atas genteng yang bunyinya seperti beras tumpah ke lantai. Sereeeemmmm...


Kembali ke postinganku, kali ini aku mengolah ubi ungu kukus sisa untuk membuat mochi kemarin, untuk olahan kali ini aku jadikan kulit dadar gulung. Sehingga jadilah kulit dadar gulung warna ungu yang cantik. Sebenarnya bingung mau buat apalagi, mau aku olah jadi bakpia telo kok ya males mesti bikin kulitnya. Berhubung lagi punya stock nangka dan kelapa, aku buat dadar gulung saja. Dijamin enak pokoknya, manisnya isian, aroma nangka dan lembutnya kulit, perpaduan yang pas, aku saja langsung habis 3 (perpaduan lapar dan enak, hahaha...). Langsung saja berikut resepnya.


Dadar Gulung Ubi Ungu

Bahan :
50 gr ubi ungu kukus, haluskan
200 gr tepung terigu protein sedang
500 ml air (bisa ditambah jika ingin kulit lebih tipis)
2 butir telur, kocok lepas
1/4 sdt garam halus

-isi-
8 sdm gula pasir
100 ml air
1/4 sdt garam
2 buah daun pandan, simpulkan
1 butir kelapa setengah muda, parut memanjang
1 cup nangka, iris dadu

Cara membuat :
1. Untuk isian, panaskan gula pasir, air, garam dan daun pandan hingga gula larut. Masukkan kelapa parut, campur rata hingga air menyusut dan mulai mengering. Masukkan nangka, aduk rata, matikan api. Dinginkan.
2. Untuk kulit, campur semua bahan, kocok rata. Saring jika perlu.
3. Panaskan teflon, ambil satu sendok sayur adonan, tuang ke teflon, putar hingga rata, tunggu matang, angkat. Lakukan hingga adonan habis.
4. Ambil sesendok makan isian, letakkan dalam selembar kulit, lipat seperti membuat lumpia. Lakukan hingga kulit habis. Siap disajikan.

Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar