Rabu, 12 Februari 2014

Zebra Mochi Ubi Ungu



Assalamualaikum Moms...

Hari-hari galau nich di tempatku. Status Gunung Kelud yang menjadi Siaga membuat sebagian besar orang di sekitarku menjadi resah. Semoga kalaupun jadi meletus, tidak menyebabkan korban jiwa bagi warga sekitarnya. Amin... Walaupun jarak tempat tinggalku lumayan jauh (sekitar 40 km) dari Gunung Kelud, tapi sudah dapat dipastikan hujan abu atau material vulkanik kecil lainnya pasti sampai ditempatku dengan lebatnya jika meletus. Harus siap sedia lilin, masker dan keperluan sehari-hari lainnya, dapat dipastikan sayur mayur bakalan enggak bisa dimasak jika kena abu tebal itu. Doakan semua akan baik-baik saja ya Moms...


Di tengah kegalauan ini (cie... bahasanya), mesti tetap semangat untuk menyajikan snack buat keluarga tercinta. Sekaligus ikut berpartisipasi dalam monthly event pawon ibu #31 yang bertemakan mochi. Belum pernah makan mochi sich sebelumnya, jadi enggak bisa bandingin sama mochi yang dijual itu. Resepnya pun hasil googling di mbah google, seperti biasa, nyangkut di blog favoriteku yaitu milik mbak Hesti yang menyajikan aneka macam mochi, tapi dengan sedikit modifikasi dari aku. Kalau sesuai lidah ndesoku sich enak-enak aja (maaf enggak bisa ngebandingin sama mochi asli, belum pernah beli, hiks...). Menurutku mirip kue "mendhut" (kagak ngerti bahasa indonesianya apa), tapi isiannya saja yang beda dan enggak dibungkus daun pisang.


Kenapa aku beri nama Zebra Mochi Ubi Ungu, karena awalnya aku pengen ada motif di mochi pertama bikinanku ini, walaupun akhirnya dibalut dengan tepung sangrai dan enggak kelihatan motifnya. Tapi enggak tahunya setelah matang motifnya kurang greget, hanya seperti gradasi warna enggak jelas gitu. Bayanganku setelah matang warna putihnya akan benar-benar putih susu dan ungunya bakalan menor gitu, eh gak tahunya cuma begitu doank. Tapi ya sudahlah, yang penting sudah berusaha. Oya satu lagi, isian ubi ungunya kurang banyak, jadi terkesan kulitnya aja yang tebel, waktu bikin takut robek kulitnya kalau tipis-tipis.


Perjuangan mendapatkan ubi ungu ini enggak mudah lho, waktu muter-muter di pasar enggak ada yang jual. Akhirnya aku beli di pusat oleh-oleh aneka hasil bumi di daerah Brongkos-Kesamben, sekitar 45 menit dari rumahku. Niat banget kan??? hihihi... Langsung saja berikut resepnya.

Zebra Mochi Ubi Ungu
by : Hesti yummy for your tummy (dengan sedikit modifikasi dari dapur-ziah)

Bahan :
200 gr tepung ketan putih
10 gr tepung maizena
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk

150 ml santan hangat (resep asli pakai air, harus hangat biar enggak lengket, makasih mbak Maya Pawon Ayu atas tipsnya yang bermanfaat ini)
1 sdm minyak goreng
pewarna ungu (optional jika ingin bermotif)

Tepung maizena sangrai untuk balutan

Bahan isi :
200 gr ubi ungu kukus, haluskan
1 sdm gula pasir
air secukupnya

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering, tambahkan santan hangat sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan dapat dipulung. Tambahkan minyak goreng, campur rata, tutup plastik, diamkan 10 menit. Jika ingin bermotif, ambil sepertiga bagian adonan, beri pewarna sesuai selera.
2. Sambil menunggu, buat adonan isi, campur ubi dan gula pasir, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung, bentuk menjadi bulatan kecil, lakukan hingga adonan habis.
3. Bagi adonan putih dan ungu masing-masing menjadi 3 bagian, bentuk menjadi bulat lonjong, pipihkan, lalu tumpuk dengan warna selang-seling, potong dengan pisau, lalu ambil sepotong dan pipihkan hingga terbentuk motif zebra. Maaf enggak ada foto cara membuatnya, enggak ada yang motoin sich.
4. Isi dengan isian, bentuk menjadi bulatan.
5. Kukus dengan cara alas kukusan diberi daun pisang agar tidak lengket, selama 10 menit.
6. Angkat dan dinginkan. Beri balutan tepung maizena sangrai. Simpan ditempat kedap udara agar tidak murah kering permukaannya.


Lucu ya logonya???

Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar