Senin, 07 Juli 2014

Menu Buka Puasa Hari ke-9


Assalamualaikum Moms...

Alhamdulillah bisa nguplek di dapur lagi setelah sekian lama absen. Hampir 10 hari absen dari pekerjaan masak-memasak. Sekali-sekali jadi anak plus menantu yang manja enggak apa-apa kan??? Tiap buka puasa tinggal makan saja, entah itu dimasakin ibuku atau ibu mertua atau mungkin juga beli. Setelah semalam kembali ke habitat asal alias balik lagi ke rumahku, akhirnya mau tidak mau harus masak sendiri, kalau enggak gitu mau makan apa anak dan suamiku. hihihi...


Menu berbuka kali ini sangat sederhana, maklum belum sempat ke pasar, hanya menggunakan bahan makanan yang ada di lemari es saja. Cukup sayur bayam masak santan (alias sayur bobor), rempah tahu (alias bola-bola tahu yang hanya dibentuk gepeng), udang bakar saus tomat, dan pelepas dahaganya dawet jepara abal-abal.

Untuk resep rempah tahu alias bola-bola tahu yang enggak sempat aku bentuk menjadi bulat karena hanya aku cetak dengan satu sendok saja, resepnya sudah pernah aku posting di sini. Sedangkan udang bakarnya super simpel resepnya. Hussttt.... Hari ini kedatangan tamu, adekku nginap di rumah, katanya "Udang bakar dibumbui apa mbak? Enak... ". hehehe... Berikut aku tuliskan  resep Udang Bakar Saus Tomatnya.

Udang Bakar Saus Tomat

Bahan :
250 gr udang, bersihkan ( dikupas kulitnya akan lebih baik, jangan males seperti aku, hehehe)

-bumbu rendaman-
1,5 sdt garam
1/2 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
100 ml air + 1 sdt air jeruk nipis

-bahan saus-
1 sdm margarin
2 siung bawang putih, cincang halus
3 sdm saus tomat (aku pakai delmonte)
1 sdm kecap manis
1/4 sdt garam
1/4 sdt kaldu ayam bubuk (optional)
50 ml air

Cara membuat :
1. Haluskan semua bumbu rendaman, masukkan airnya lalu aduk rata, masukkan udang bersih, rendam selama minimal 30 menit. Tiriskan.
2. Buat sausnya, panaskan margarin, tumis bawang putih sampai layu dan harum, masukkan semua bahan lainnya, aduk-aduk, masukan udang yang sudah ditiriskan, aduk rata hingga saus terserap udang dan udang mulai berwarna kemerahan. Angkat.
3. Bakar udang sambil dibalik-balik dan diberi saus tomat. Agkat dan sajikan.


Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar