Sunday, September 23, 2018

Mendekor Birthday Cake dengan Gaya Drip Cake Menggunakan Ganache Cokelat



Hallo Moms...

Akhirnya nge-blog lagi setelah sekian purnama mengumpulkan niat dan berakhir yah begitulah. wkwkwkwk... Kali ini dapur-ziah akan mencoba menuliskan cara, tips dan trik mendekor kue tart menggunakan ganache siram yang biasa disebut drip cake. Untuk drip cake yang warna-warni insyaAllah dibahas next time ya, kita fokus dulu ke drip cake menggunakan ganache siram.

Drip cake sendiri adalah cake yang dihias menggunakan lelehan cokelat sehingga tampak seperti ada aliran cokelat leleh di samping cake yang terjun bebas seperti aliran air terjun. Saat ini sudah banyak sekali variasi dekor menggunakan gaya drip cake ini, warnanya pun sudah tidak melulu cokelat ya, bisa warna-warni sesuai selera.


Sebelumnya ijin mohon maaf dulu ya, ini saya masih amatiran di dunia baking, jadi cara yang saya gunakan berdasarkan pengalaman saya saja selama ikut kursus, mengerjakan orderan dan bereksploasi sendiri di dapur. Dan pasti akan sangat mendasar apa yang akan saya sampaikan ini, jadi buat yg sudah ahli saya tunggu masukkannya. Mohon koreksi dan bisa langsung komen dibawah postingan ini jika ada yang keliru ya.


Berikut tips pra-eksekusi penyiraman cake dengan ganache siram.

1. Gunakan tatakan kue atau alas kue dari bahan yang kokoh, saya biasanya menggunakan alas triplek agar nanti bagian bawah ganache tidak patah / retak saat sudah kering dan kena goncangan saat proses pengiriman cake tart.
2. Tata base cake secara presisi, bila perlu trim bagian samping agar hasilnya bisa presisi dan mulus saat diberi krim. Biasanya tehnik yang saya gunakan adalah memastikan kue dalam keadaan dingin betul, masukkan kulkas bila perlu agar kokoh dan tidak rontok saat ditrim untuk meratakan pinggiran cake nanti.
3. Poles tipis cake dengan butterkrim hingga merata ke semua sisi, kemudian masukkan kulkas selama sekitar 10menit hingga krim saat disentuh sudah mulai mengeras, hal ini bertujuan agar saat dipoles krim yg lebih tebal untuk bagian terluar cake nanti tidak ada remahan kue yang akan tampak dari luar.


4. Setelah 10 menit di kulkas, keluarkan cake, poles lagi dengan krim yang lebih tebal sebagai cover terluar cake, dijamin tidak akan ada remahan cake yang akan terlihat asal lapisan pada no 3 di atas benar-benar sudah kaku. Untuk warna krim mengikuti selera kita ya. Kalau saya menggunakan plastik segitiga untuk menyemprotkan buttercream ke seluruh permukaan cake biar rata dan rapi.
5. Setelah seluruh permukaan cake tertutup sempurna dengan krim, gunakan spatula untuk meratakan krim hingga permukaan cake halus merata.
6. Kue siap disiram dengan ganache cokelat untuk menghasilkan drip cake yang cantik.


Ganache Cokelat Siram
(untuk mendekor drip cake)
*Resep ini untuk memberi ganache cokelat pada cake bulat D20cm full bagian atasnya dan efek drip cake pada bagian samping, silahkan dikonfersikan sendiri tergantung besar kecil kue yang akan dihias

Bahan :
100 gr whipping cream cair (bisa juga menggunakan wipy bubuk yg ditambah air)
100 gr cokelat batang / DCC, cincang agak halus agar mudah leleh
(*optional) 1 sdt madu / unsalt butter / butter / minyak / margarin

Cara membuat :
1. Panaskan air hingga mendidih, matikan.
2. Tim whipping cream di atas air yg sudah dididihkan tadi hingga mulai hangat.
3. Masukkan cokelat, aduk2 hingga meleleh semua, setelah itu bisa dimasukkan bahan optional di atas, tidak menggunakan bahan optional ini jg gakpapa kok. aduk sampai rata dan cokelat sudah leleh semua.
4. Siram ganache di atas kue mulai dari bagian tengah lalu terus hingga merata ke bagian samping, kalau kue bulat bisa seperti pola obat nyamuk bakar ya cara menuangnya.
5. Pastikan pola yang terbentuk dibagian samping seperti lelehan di gambar yang saya post ini ya, jangan sampai kebanyakan nuangnya, nanti jadi full ganache siram bagian samping cake, jadinya bukan drip cake donk. hihihihi....


Oiya, pastikan semua pernak-pernik untuk mendekor bagian atas cake yang akan dipasang sudah siap semua ya, karena kalau sudah mulai kaku diberi dekor atasnya hasilnya kurang maksimal dan bisa jadi tidak lengket. Misal akan kita hias ucapan dari papan cokelat dan aneka cokelat cetak serta buah, maka pastikan sudah siap semua, sudah dibersihkan buah-buahannya, intinya tinggal tancep lah.

Tapi beda lagi kalau bagian atas cake akan diberi spuitan krim lagi, ini kita harus menunggu ganache kaku sedikit ya, sehingga saat kita menyepuitkan butterkrim ke atasnya sudah tidak melorot lagi nanti krimnya. Karena ganache ini akan terus jatuh sampai tingkat kekentalan tertentu hingga si ganache mulai dingin dan akan berhenti bergerak. Semoga kata-kataku tidak ambigu. hahahah...


Selamat mecoba ya Moms, jangan lupa dipraktikkan.

Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment