Minggu, 13 Juli 2014

Puding Karang


Selamat siang Moms...

Bagaimana kabar hari ini? Kali ini gantian yang seger-seger ya yang muncul? Suami suka sekali menyantap olahan dessert yang ada gula merahnya, akhirnya bikin Puding Karang atau biasa juga disebut Puding Gula Merah. Disebut Puding Karang karena lapisan santan dan telurnya bakalan naik ke atas setelah dingin dan mirip karang di pantai penampakkannya. Makanya puding ini cocok disajikan dengan cara dibalik dari cetakannya sehingga lapisan karang akhirnya akan ada dibagian bawah, apa ya sebutannya, "up side down" kayaknya, bener enggak ya???


Resep puding ini aku lihat di blog Kak Azlita "Masam-Manis", sudah aku masukan list masakan yang wajib dicoba sejak lama, tapi ya gitu, malesnya enggak ketulungan. hehehe... Puding ini beneran enak lho Moms, mungkin karena kami sekeluarga pecinta olahan dessert yang mengandung gula merah, sehingga terasa cocok sekali di lidah kami. Penggunaan telur di puding ini sama sekali enggak membuat amis, malahan enggak amis sama sekali karena yang dominan aroma gula merahnya. Pokoknya pas buat dessert berbuka puasa di cuaca yang panas seperti ini, apalagi saat keluar dari lemari es, segeeerrr....


Puding Karang

Bahan :
225 gr gula merah
300 ml air

1 bungkus agar-agar
500 ml santan
2 batang daun pandan, robek-robek dan simpulkan
1/4 sdt garam

1 butir telur + 100 ml santan, kocok rata telur dan santan

Cara membuat :
1. Jerang gula merah dan air hingga gula larut, angkat dan saring.
2. Campur agar-agar, 500 ml santan, daun pandan dan garam dalam panci, aduk rata. Tambahkan larutan gula merah kemudian jerang di atas api hingga agar-agar larut.
3. Masukan kocokan telur dengan santan dengan teknik pancingan yaitu, masukan sesendok sayur larutan agar-agar ke kocokan telur, aduk rata lalu tuang ke larutan agar-agar yang dijerang di atas api.
4. Masak hingga mendidih dan telur mulai terlihat pecah-pecah. Angkat dan biarkan hangat.
5. Masukkan ke cetakan. Dinginkan.

Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar