Senin, 20 April 2015

Asinan Buah


Assalamualaikum Moms...

Hari-hari ini cuaca tak menentu, kadang panas, tiba-tiba langsung mendung lalu jatuhlah si air hujan. Sama dengan cuaca di Blitar hari ini, kalau siang hari panasnya minta ampun, pasti bikin gerah dan pengen minum yang seger-seger. Kalau kata adikku, minuman yang seger-seger itu "vitamin" di hari yang panas. Entah ini kategori minuman atau apalah, yang jelas seger pakai banget. Campuran buah segar dengan kuahnya yang pastinya juga segar.

Oiya, resep ini aku dapat dari mbak Nindya Paramita teman waktu Latbar di grup NCC Malang, pokoknya semua anggota dan adminnya kece parah, semuanya membawa potluck resep andalan, makanya aku pengen nyoba bikin semua potluck yang dibawa teman-teman. Eiittsss, potlucknya udah ada yang aku praktekan, lha hasil Latbarnya mana??? Nah itu dia, aku berencana (*baca : kemungkinan kecil) nanti malam bikin JCC hasil Latbar kemarin, doakan enggak males dan terserang virus ngantuk ya. hihihi,.. Makasih ya mbak Nindya Paramita atas resepnya yang mantap, enak, seger dan langsung ludes lho, ini sengaja aku sisain dikit buat foto. hahaha...


Asinan Buah
by : Nindya Paramita

Bahan :
buah-buahan sesuai selera, bersihkan dan potong-potong

-kuah asinan-
2L air
500gr gula pasir
air jeruk nipis/cuka secukupnya (kemarin aku pakai air dr 1 buah jeruk nipis ukuran sedang)

-bumbu halus-
5 buah cabai rawit
5 buah cabai merah keriting
2 sdt terasi
garam secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan air dan gula jerang hingga hampir mendidih, masukkan air jeruk nipis.
2. Masukkan bumbu halus, masak lagi hingga air benar-benar mendidih. Matikan api.
3. Setelah kuah hangat, masukkan buah-buahan yang sudah dipotong sesuai selera.
4. Dinginkan, lebih nikmat setelah semalam di  lemari es, bumbu kuahnya lebih meresap ke buah-buahan.


Note : kalau aku kuahnya disaring dulu baru masukkan buahnya

Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar