Tuesday, April 28, 2015

Japanese Cheese Cake ( JCC )


Selamat malam Moms...

Bagaimana kabar hari ini? Alhamdulillah selalu diberi kesehatan, karena dengan badan yang sehat kita bisa melakukan rutininas sehari-hari. Walaupun di kantor sedang banyak kerjaan sehingga beberapa orderan sempat kepending, tapi alhamdulillah pembaca dapur-ziah selalu sabar untuk menunggu resep-resep dari foto yang dipostingkan jauh hari sebelumnya di FB. JCC ini sudah tinggal kenangan saja, kuenya sudah habis sejak beberapa hari lalu, ya iyalah wong bikinnya sudah awal minggu lalu. hihihi... Saking rajinnya yang punya blog, akhinya baru kali ini sempat keposting. Mohon dimaafkan ya buat yang tanya resep baru dijawab sekarang. Resep JCC ini digunakan saat Latbar NCC Malang beberapa minggu lalu, resep asli bisa dilihat di Dianas's Desserts.


Japanese Cheese Cake
by : Diana's Desserts
Di uji coba dan diterjemahkan oleh : Team NCC Malang

Bahan :
100 ml susu UHT
50 gr butter
250 gr cream cheese (bisa disesuaikan selera, merk atau diganti dengan cheese fiiling ataupun keju cheddar yang parut halus)
60 gr tepung terigu protein sedang
20 gr tepung maizena
6 kuning telur
6 putih telur
140 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
1 sdm air jeruk lemon
2 sdt parutan kulit jeruk lemon (aku enggak pakai)

Cara membuat :
1. Panaskan susu UHT, butter dan cream cheese hingga leleh semua.
2. Masukkan tepung terigu dan maizena yg sudah diayak. Aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon jika pakai. Sisihkan biar hangat.
3. Kocok putih telur, gula, garam, air jeruk hingga soft peak. Sisihkan.
4. Masukkan kuning telur, ke adonan terigu tadi, aduk rata.
5. Ambil 1/3 adonan putih telur, masukkan ke adonan kuning telur, aduk balik hingga rata (tehnik pancing).
6. Masukkan adonan kuning telur ke adonan putih telur, aduk balik.
7. Tuang dalam loyang bulat diameter 20cm yang sudah dialasi kertas roti.
8. Panggang dengan api cenderung kecil dengan metode "au bai marine" hingga matang, sekitar 80 menit.
9. Setelah matang, balik cake di cooling rak yg sudah dialasi dengan serbet bersih agar lapisan atas cake tidak mengelupas. Dinginkan dan siap dihias.

Happy baking Moms...

3 comments:

  1. Cream cheese bs diganti cheese spread mba? Rasanya berubah gk? Cakenya panas2 lgsg dibalik mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diganti cheese spread kok, soal rasa jelas beda, enak yg mana itu kembali ke selera plus kantong masing2 ya. hehehe... untuk ngebalik cake, panas gak masalah (*aku aja yg enggak sabaran) dingin lebih baik.

      Delete
  2. terima kasih informasinya gan.....
    jangan lupa berkunjung ke website saya http://nonbok.com/

    ReplyDelete