Tuesday, November 24, 2015

Klapertart Wilton


Selamat siang Moms...

Mumpung lagi mood nge-blog, dipuas-puasin deh upload foto dan resepnnya. Paling juga bentar lagi udah males nge-blog lagi. hihihi... Ini memberdayakan kelapa muda alias "degan" yang sudah nangkring cantik di frezzer hampir 1 minggu. Apalah daya kalau rencana tinggal rencana, menunggu mood datang ternyata lama banget. Kali ini disulap jadi klapertart wilton yang sudah booming sejak bertahun-tahun lalu, ini sebenarnya sudah 2 kali bikin klapertart, tapi apa daya kalau baru sempat foto dan upload pada hasil baking yang sekarang.


Klapeertart wilton ini resepnya sudah meraja lela ya, tinggal ketik "klapertart wilton" pada google search sudah langsung muncul resep yang buanyak banget. Kemudian disesuaikan dengan lidah masing-masing saja, mau ditambah atau dikurangi apanya. Misalkan mau ditambah daging buah durian, keju, vanilli dan lain-lain. Yang jelas cocok banget buat dessert si kecil di rumah. Kalau mau dijadikan hantaran, tinggal dikemas cantik dan siap diberikan kepada orang tersayang. Terima kasih ya mbak Yati sudah meracuniku membuat klapertart ini lagi plus mau tak ribetin tanya ini itu. Berikut aku tuliskan ulang resep umum klapertart wilton.

Klapertart Wilton

Bahan :
1000 ml susu uht
250 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
50 gr tepung custart
50 gr tepung maizena
150 gr mentega/margarin
6 kuning telur
2-3 buah daging kelapa muda "degan"

Topping:
6 putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu

kismis/almond slice/keju parut untuk taburan
kayu manis untuk taburan

Cara membuat :
1. Larutkan terigu, tepung custard, maizena dengan sedikit susu UHT, aduk agar tidak bergerindil, saring bila perlu.
2. Panaskan sisa susu UHT dan gula, lalu masukkan larutan tepung, jerang dengan api kecil sambl terus diaduk-aduk hingga kental dan meletup-letup. Matikan api.
3. Masukkan margarin, aduk rata, kuning telur satu persatu, aduk rata kembali. Terakhir masukkan daging buah kelapa, campur rata.
4. Masukkan dalam cup alumunium foil hingga 3/4 tinggi. Panggang 15 menit dengan sistem au bai marie.
5. Sambil menunggu adonan vla dipanggang, buat topping putih telur, kocok putih telur dan gula hingga soft peak, tambahkan tepung terigu campur rata. Masukkan dalam piping bag, siap digunakan.
6. Setelah adonan vla 15 menit dipanggang, keluarkan dan beri topping putih telur, lalu taburi dengan kayu manis bubuk dan almond slice/kismis/keju parut.
7. Panggang kembali selama 20-25 menit. Angkat dan dinginkan.
8. Simpan semalaman di lemari es dan siap disajikan.


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment