Minggu, 10 November 2013

Cake Tape Singkong Mantap


Assalamualaikum...

Selamat sore Moms, hari libur ini aku sempatkan eksekusi cake tape singkong yang aku kasih embel-embel mantap. Nah lho, penasaran kan? (PD amat ya???) Aku beri tambahan kata-kata mantap karena ini memang cake tape singkong yang aku cari selama ini. Sebelumnya sudah pernah bikin cake tape, tapi yang ini lebih mantap, rasa tape singkongnya kerasa dan tekstur lembut cakenya juga dapat. Wuih, senengnya, begitu matang langsung aku icipi dan jingkrak-jingkrak dech di dapur. hehehe...


Kenapa bikin cake yang berbau tape singkong, ini karena kemarin ada teman kantorku yang bikin prol tape, jadi ngiler sama olahan yang berbau tape. Tapi kalau bikin prol tape, aku masih belum pengen karena papap kurang suka kalau pure kerasa tape singkong tanpa tekstur cake. Alhasil aku browsing di mbah google untuk mencari resep prol tape yang bertekstur cake dan ketemu juga resep prol tape Mbak R yang katanya sich bertekstur cake, makanya penasaran nyoba. Dan.... taram... mantap Moms, papap aja langsung habis 3 begitu turun dari oven, katanya enak, senengnya *sambil cengar-cengir.


Oya, namanya aku ganti Cake Tape Singkong Mantap karena menurutku ini jauh dari tekstur prol tape yang seharusnya bertekstur agak bantat seperti brownis. Whatever lah, apalah arti sebuah nama, yang penting pas dilidahku dan kelurgaku, seneng dech... Eits, walaupun udah dingin, tekstur cake ini tetep lembut lho, cocok buat teman minum es teh di saat cuaca panas menyerang seperti sekarang ini. Lihat nich, tekstur bagian dalamnya yang benar-benar lembut.


Aku cetak cake ini dengan cetakan muffin, tiap lubang aku isi dengan 1 1/2 sendok makan adonan, jadinya sekitar 25 buah. Berikut resepnya, enggak bakal nyesel dech nyoba bikin nich makanan.

Cake Tape Singkong Mantap
(resep asli prol tape surabaya by Mbak R)

Bahan :
75 gr butter
25 gr minyak zaitun (aku cuma pakai minyak sayur kualitas bagus)

175 gr tape singkong, lumatkan
1 sachet SKM putih sekitar 45 gr (aku pakai 2 sdm)

75 gr tepung terigu
10 gr maizena
15 gr susu bubuk

4 butir telur
75 gr gula pasir (bisa dikurangi jika tidak suka manis, aku cuma pakai 2 sdm)

Keju parut
Kismis
Ceri merah

Cara membuat :
1. Lelehkan butter, campur dengan minyak, sisihkan.
2. Campur tape dengan SKM (susu kental manis), sisihkan.
3. Campur tepung, maizena dan susu bubuk, sisihkan.
4. Kocok gula dan telur hingga soft peak.
5. Masukkan campuran tape dan tepung secara bertahap, aduk balik dengan spatula (pelan saja agar adonan tidak turun banyak).
6. Masukkan butter leleh, aduk balik hingga rata.
7. Masukkan dalam cetakan / loyang yang sudah bersemir margarin, bila perlu beri kertas roti.
8. Panggang selama 20 menit.
9. Siap disajikan.



Happy baking Moms...

6 komentar:

  1. Mba, kalo pakai cetakan muffin hanya dioles margarin aja atau harus ditaburi tepung tipis2 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup dioles margarin saja sudah mudah diambil dari cetakan kok mb Titi.

      Hapus
  2. mbak, klo pake loyang alumunium atau loyang kaca tahan panas bisa gak? soalnya ga punya cetakan muffin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget kok, sebelumnya aku jg pernah bikin di loyang terus dipotong2 sebelum disajikan. Selamat mencoba ya!!!

      Hapus
  3. salam kenal, mba eva. mau tanya mba, tapenya masuk ke adonan ngaduknya cuma pake spatula apa bisa rata yah? terima kasih. btw, fotonya bagus2 lho. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mbak Ira, makasih sudah mampir. bisa mbak pakai spatula saja, kalo mau pakai mixer juga boleh, tapi harus speed rendah dan sebentar saja, soalnya adonan gampang turun karena kena tape yang lebih berat dari pada adonannya, kalo over mix dan adonannya turun, nanti jadi bantat. semoga membantu jawabnya.

      Hapus