Sabtu, 21 November 2015

Aneka Roti Manis


Assalamualaikum Moms...

Alhamdulillah dapur-ziah bisa kembali posting resep untuk pembaca setianya (cieee... kayak ada yang baca aja ya???). Lama juga ya enggak update blog, kena virus males tapi kok 2 bulan lebih ya malesnya, sampai berdebu semua blognya. hehehe... Kali ini aku share resep roti manis yang berbeda dari sebelumnya, dari satu adonan aku buat bermacam-macam bentuk roti manis. Resepnya aku dapat saat kursus di Malang, bersama mbak Arifatun yang berasal dari Jogja. Roti manis yang ini hasilnya mirip kayak di bakery-bakery itu, empuk dan molor. Nah, kalau Moms gak suka yang molor, bisa pakai resep roti manis yang dulu pernah aku share di sini. Bisa juga menggunakan resep roti manis NCC dari Bunda Fatmah.


Untuk isiannya, bisa macam-macam ya, pakai isian kacang merah, pandan, selai, keju pokoknya terserah selera kita saja. Yang jelas, harus kreatif dan telaten ngebentuk adonannya menjadi aneka ragam bentuk roti manis yang cantik. Untuk cara membentuk bisa lihat di youtube untuk lebih jelasnya. Atau kehalaman wall FB ku sudah aku share.


Roti Manis
by mbak Arifatun

Bahan :
1000 gr tepung terigu protein tinggi
40 gr susu bubuk
5-10 gr improver
11 gr ragi instan
200 gr gula pasir
15 gr garam
100 mentega/margarin
1 butir telur
4 kuning telur
450 gr air


Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering, kemudian bergantian masukkan cairan (air dan telur) kemudian terakhir mentega. Uleni hingga kalis elastis.
2. Proofing 15 menit.
3. Timbang adonan seberat 40-50 gr, bentuk menjadi bulatan2 kecil. Istirahatkan 10 menit.
4. Bentuk dan isi sesuai keinginan. Proofing hingga mengembang sempurna.
5. Panggang dengan suhu180 derajat celcius selama 10-15 menit, tergantung oven masing2 ya.


Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar