Saturday, November 30, 2013

Cotton Cake untuk Ultah Clianta


Assalamualaikum Moms...

Mau share resep cotton cake yang aku buat base cake pada kue ultah Clianta anak teman kerjaku. Cakenya lembut dan nyes-nyes saat dimakan. Resepnya aku dapat saat mengikuti demo masak di salah satu hotel di kotaku. Cake ini aku poles dengan butter cream buatan sendiri yang dijamin enggak ngendal di lidah. Suka sebel kalau beli butter cream yang sudah jadi tapi malah enggak kepakai karena terasa ngendal di lidah. Karena menurutku, seenak apapun cakenya, kalau butter creamnya enggak enak pasti hasilnya kurang memuaskan. Tapi namanya masih belajar, buat Moms yang punya resep buttercream mantap, aku diberi tahu resepnya ya? hehehehe...

Oya balik lagi ke kue ultah ini, setelah aku poles butter cream, lanjut aku hias dengan pagar cokelat di sekeliling cake. Setelah itu dihias dengan ornamen mungil-mungil yang lagi punya stock di dalam kulkas. Langsung sajalah berikut resep cakenya.

Cotton Cake

Bahan :
10 putih telur
175 gr gula pasir
1 sdt air jeruk nipis

90 gr butter
110 gr susu cair UHT

90 gr tepung terigu protein sedang
10 kuning telur, kocok lepas
1/2 sdt essens vanila

Cara membuat :
1. Kocok putih telur, gula pasir dan air jeruk nipis hingga kaku dan soft peak, ciri khasnya jika adonan di angkat sudah tidak jatuh. Sisihkan.
2. Lelehkan butter dan susu cair, hingga hampir mendidih, sekitar bersuhu 80 derajat, jangan sampai mendidih. Matikan api.
3. Segera masukkan tepung terigu, aduk rata.
4. Tambahkan telur dan essens vanila, aduk rata.
5. Masukkan sebagian adonan putih telur secara bertahan ke adonan tepung yang masih hangat tadi sambil diaduk balik.
6. Tuang dalam loyang berdiameter 20 cm dan tinggi 7 cm yang sudah diolesi margarin dan di alasi kertas roti.
7. Panggang selama kurang lebih 45 menit, tergantung oven masing-masing.
8. Angkat, biarkan dingin lalu keluarkan dari loyang.

Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment