Tuesday, October 16, 2018

Lapis Legit Gulung


Assalamualaikum Moms...

Walaupun demam lapis legit gulung sudah berlalu, gakpapa lah ya baru di share sekarang di blog dapur-ziah. Katanya sih lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. hahahha.... Sebenernya niat bikin ini sudah sejak bulan lalu, sampai beli loyangnya juga. Tapi apa daya nunggu niat ini membara di dada kok ya lama banget baru bisa terlaksana. Harap maklum bakul kue yang satu ini semacam bakul abal-abal yang kerjanya juga tergantung "mood". Sepertinya saya pengen nempel bantal saja kalo sudah kelar orderan, enggak mau baking lagi kalau sudah beres buat orang, sampai-sampai suami mau nantangin bayar buat dibikinkan kue requestnya. hahhaha... Kebangetan banget ya ini saya.


Kue lapis legit gulung ini ukuran sedang cenderung mini ya hasil roll nya, lihat di gambar atas dengan perbandingan segitu sama tangan saya. Tehnik membuatnya sama dengan membuat lapis legit biasanya, yang jelas syarat akan kuning telur. Sehingga rasanya dijamin enak, kalau bahasa Blitar sih "angklek" saat digigit, dia padat tapi empuk ya bukan bantat, ya ciri khas kue dengan banyak kuning telur lah intinya.


Dulu saya mau ikut kursus bikin lapis legit gulung ini di Malang beberapa bulan lalu. Kemudian suami bilang, emangnya bakalan dipakai nanti pasca kursus? Maklum lah, sering ikut beberapa kelas kursus tapi ilmunya ngangkrak enggak kepakai sama sekali, karena memang passion saya sepertinya lebih ke kue tart saja. Akhirnya saya mundur teratur, enggak jadi ikut kelas chef ternama itu. Walaupun saat mengambil keputusan tidak ikut kelas itu saya sambil kecewa.


Alhamdulillah sekarang bisa bikin juga. Ini percobaan pertama saya bikin lho. Kalo saya sekali bikin sudah lumayan begini, pasti Mommy sekalian juga bisa. Guampang banget kok ini bikinnya. Ini saya pakai loyang 22 x 57cm beli di IG mbak Putriipermanaa (*bukan endorse ya ini murni beli, dan memang memuaskan, loyangnya tebal), jadi cukup 1 lapis saja, lalu diroll. Kalau misal Mommy punya loyang yang ukuran 22x30cm atau 24x24cm bisa dijadikan 2 lapis. Jadi setelah separuh adonan dituang, panggang, lalu tuang lagi separuh adonan berikutnya, taburi prunes, panggang lagi hingga matang, keluarkan dari loyang, oles susu kental manis atau selai kemudian baru digulung.


Untuk lapis legit gulung ini saya pakai resep mbak bebeb Lindawaty di IG dapur_lindawaty, yang jelas dari semua resepnya enak semua. Pasti selalu mupeng tiap beliau posting resep baru. Oiya, dari setiap resep hasilnya belum tentu sama ya Moms, tergantung bener tidak tehnik pembuatan dan merk bahan yang kita pakai. Kemudian untuk masalah mentega alias butter, ini bener-bener menyumbang besar untuk rasa dan aroma cake, apapun cake nya. Sehingga pastikan menggunakan butter kualitas bagus untuk menciptakan hasil yang memuaskan. Tetapi semua kembali ke pasar Mommy sekalian bagi yang berjualan, kalau untuk keluarga pastikan menggunakan bahan-bahan pilihan ya, biar tambah disayang suami. hihihi...


Lapis Legit Gulung Dapur_Lindawaty
rebake by dapur-ziah

Bahan :
145gr butter ( resep asli 60gr margarin + 85gr butter)

10 kuning telur (pastikan segar)
100 gr gula pasir
1/2 sdt vanilli

30 gr tepung terigu (sy pakai kunci)
1 sdm susu bubuk
1/2 sdm maizena, ayak semua bahan kering

prunes untuk taburan atas



Cara membuat :
1. Mixer hingga lembut butter, sisihkan.
2. Mixer kuning telur, gula dan vanili hingga mengembang, kental berjejak (sy pakai hand mixer sekitar 8-10 menit).
3. Masukkan ayakan tepung ke adonan telur, aduk balik hingga rata.
4. Masukkan butter kocok ke adonan telur.
(saya selalu menggunakan tehnik pancing ya apapun kuenya di bagian yang ini, jadi ambil sedikit adonan telur, masukkan ke butter kocok, aduk merata, kemudian adonan ini tuang ke adonan telur, baru kemudian aduk balik sampai homogen. Menggunakan tehnik pancing ini bertujuan agar adonan butter bisa cepat tercampur rata dengan adonan telur dan tepung, sehingga kita tidak over mix yang menyebabkan adonan akan turun banyak dan kue bantat).
5. Tuang ke loyang ukuran 22x57cm untuk 1 lapis saja, ratakan, taburi prunes. (kalau ukuran loyang 22x30cm atau 24x24cm tuang separuh adonan)
6. Panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 20 menit. Angkat. Kalau dibuat 2 lapis karena ukuran loyang yang ada, maka tuang separuh adonan berikutnya, ratakan, taburi prunes lalu panggang lagi.
7. Tekan lapis legit dengan penekan khusus lapis legit, kalau tidak punya pakai punggung sendok.
8. Olesi dengan susu kental manis atau selai sesuai selera, lalu gulung seperti kita membuat bolu gulung, padatkan dan biarkan dingin. Siap dipotong-potong.

*Update cara pengemasan ya Moms





Happy baking Moms...

4 comments: