Sunday, October 14, 2018

Perjalanan Cheese Cake Dapur-Ziah


Assalamualaikum Moms...

Mohon maaf entry baru pakai stock foto lama ya. Biar bakul kueh nya ini ingat kalo sudah bergelut dengan dunia cheese cake sejak lama. Baiklah kita mulai pembahasan tentang cheese cake ini. Untuk cheese cake, saya memang menggunakan 2 macam resep. Lhoooo.... Kenapa harus 2 macam? Karena konsumen saya punya selera yang berbeda. Jadi pada dasarnya, konsumen lebih suka cheese cake yg empuk untuk dasar kue tart. Tetapi suka yang lebih padat untuk cheese cake potong sebagai cemilan. Nah untuk masalah ini, biasanya bakule tahu dari mana? Yang jelas dari testi konsumen donkkk.... Lalu jenis mana yang lebih banyak disukai? sama banyaknya. hihihihi....


Oiya, satu lagi, saya tidak pernah screen shot  testi konsumen lalu saya posting di medsos ya, kenapa? Saya takut kalo suatu saat kelewatan ada yang tidak saya posting malah bikin gak enak hati. Selain itu kadang tulisan itu tidak bisa mendiskripsikan maksud ucapan kita dengan tepat, biarlah mereka melihat testi konsumen saya di kolom komentar saja. Lalu bagaimana mungkin calon konsumen baru akan datang kalo gak ada postingan testi pelanggan lama. InsyaALLAH saya percaya rejeki gak bakal kemana. Cukup dibuktikan terus berkarya agar calon pembeli percaya bahwa kue kita layak untuk dicoba, dan dijamin bikin ketagihan. hihihihi...


Balik lagi ke masalah cheese cake, untuk resep cheese cake yang empuk, cocok untuk base cake tart, sudah pernah saya posting di sini ya. Kalau masih ada yang protes kenapa hasil eksekusi saya tidak sama dengan cheese cake buatan dapur-ziah, nah ini yang kudu ditelaah. Apakah merk bahan yang dipakai sama? Apakah tehnik pembuatannya sudah sama? Atau mungkin ada faktor lain yang berbeda. Cheese cake ini butuh 8telur untuk satu resep, sehingga teksturnya lebih empuk mirip-mirip sponge cake lah.


Berikut saya tulis ulang resepnya cheese cake 8 telur.

Cheese Cake 8 Telur ala Dapur-Ziah

Bahan Cake :
8 butir putih telur
140 gr gula pasir 

90 gr butter
250 gr cream cheese
90 ml susu UHT cair 

70 gr tepung terigu protein sedang, ayak
20 gr maizena, ayak 

8 butir kuning telur 

Cara membuat cake :
1. Panaskan butter, cream cheese dan susu UHT cair hingga hampir mendidih (kurang lebih 80 derajat Celcius), matikan api.
2. Masukkan tepung terigu dan maizena yang sudah di ayak, aduk rata dengan whisker.
3. Setelah adonan hangat, masukkan kuning telur, aduk rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur dan gula hingga kaku (jangan sampai over agar tidak turun terlalu banyak nanti cakenya setelah matang).
5. Campur adonan kuning telur dan kocokan putih telur dengan sistem pancing dulu ya.
6. Aduk balik hingga rata.
7. Tuang dalam loyang bulat diameter 20 cm yang sudah dialasi kertas roti.
8. Panggang dengan sistem au bai marine hingga matang suhu 160 derajat selama 80 menit.


Nah, kalau mau yang agak padat, resep 8 telur itu bisa diubah menjadi 6 telur saja. Sehingga karena putih telur yang dipakai lebih sedikit, hasilnya akan lebih padat daripada versi 8 telur. Mudahkan mengutak atik resep itu, yang susah adalah niat untuk eksekusinya. wkwkwkwkk...


Saat ini sudah banyak sekali resep yang beredar untuk versi 6 telur ya. Untuk resep yang sudah berseliweran itu, saya sudah mencoba beberapa, tapi saya sendiri lebih suka resep cheese cake yang versi 6 telur milik Diana Dessert, soalnya pakai resep ini yang sudah berhasil dan rasa kejunya berasa, yang lain kurang berasa, mungkin karena jumlah cream cheese nya kurang ya. Yah bisa dibilang pakai resep lainya belum berhasil. hahahaha.... Yang mau lihat resep asli versi 6 telur ala Diana Dessert ada di sini ya link nya. Saya tuliskan ulang di bawah juga.


Berikut saya tuliskan ulang resep cheese cake 6 telur versi Diana Dessert.

Japanese Cheese Cake ala Diana Dessert

Bahan:
140 gr gula pasir
6 putih telur
6 kuning telur
1/4 sdt cream of tar-tar
50 gr mentega
250gr cream cheese
100 ml susu uht
1 sdm jus lemon
60 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
1/4 sdt garam halus


Cara membuat:
1. Panaskan butter, cream cheese dan susu UHT cair hingga leleh, matikan api.
2. Masukkan tepung terigu dan maizena yang sudah di ayak, aduk rata dengan whisker.
3. Masukkan kuning telur dan jus lemon, aduk rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur dan cream of tartar hingga berbusa, tambahkan gul, kocok hingga soft peak (jangan sampai over agar tidak turun terlalu banyak nanti cakenya setelah matang).
5. Campur adonan kuning telur dan kocokan putih telur dengan sistem pancing dulu ya.
6. Aduk balik hingga rata.
7. Tuang dalam loyang bulat diameter 20 cm yang sudah dialasi kertas roti bagian bawah dan samping.
8. Panggang dengan sistem au bai marine hingga matang suhu 160 derajat selama 70 menit.


Mau coba yang mana? Yang pasti dicoba dulu semuanya ya. Setelah itu putuskan mana yang paling cocok dilidah kita.

Happy baking Moms...

1 comment:

  1. Keren mb.. saya rupanya pernah nge save resep cheesecake nya mb.. dulu.. Pas Masih kerja kantoran.. sekarang nyobain bakulan juga..

    Kemarin nyobain yg cheesecake 8telur nya.. Yummy..
    Makasi ya mba.. izin pake resep nya.. ����

    ReplyDelete