Friday, December 13, 2019

Resep Crumble untuk Topping Red Velvet Cake


Assalamualaikum...

Alhamdulillah bisa nulis blog lagi. Kali ini saya mau share resep crumble yang praktis. Biasanya kita bikin pakai lebihan adonan cake red velvet yang kita panggang hingga kering kan ya? Kendala yang sering saya hadapi adalah saat waktu sudah mepet, tergesa-gesa dan si cake yang mau dijadikan crumble itu tidak juga kunjung kering sempurna saat di oven, alhasil susah untuk dihaluskan. Apalagi kalau pemesan cake sudah chat "apakah kue sudah ready?". Langsung ambyar semuanya, pikiran jadi gak fokus, bikin crumble serasa butuh waktu puluhan jam. wkwkwkwk...



Akhirnya saya cari akal pindah ke tehnik lain membuat crumble yang bisa distock, agar siap pakai saat mendadak dan juga rasanya tetep enak. Jadi kita bisa pakai kapan saja selama masih enak sih crumble itu. hehehehe... Biasanya saya simpan di wadah kedap, masukkan kulkas. Tahan sampai 1bulan lebih kok. Praktis banget ini, saat mau dipakai blender secukupnya saja, tinggal dibuat topping red velvet cake deh. Dan taraaaaa... Enggak kalah cantik kan sama yang di bakery itu.


Prinsipnya ini sih seperti cookies ya, jadi tahan lama. Bisa dibilang ini red velvet cookies versi ekonomis. hihihihi... Tapi jangan salah, ini enak kok. Dikasih pasta red velvet dan pewarna merah, jadi red velvet crumble. Kalo dikasih pasta green tea dan pewarna hijau jadi green tea crumble, suka-suka yang bikin lah ya mau dibuat rasa apa. Tergantung mau dibuat dekor cake apa, menyesuaikan saja rasanya.


Nah untuk resepnya ini saya terinspirasi dari resep crumble nya bunda Ricke Just Ordinary Kitchen, beliau menggunakan crumble ini untuk topping browniesnya seperti di sini, ditaburkan saat mau dipanggang. Kalau ini, saya panggang seperti membuat kukis, hanya saja saya buat tipiiiiiissss sekali adonanya agar bisa kering sempurna sampai bagian dalamnya. Jadi kita cetak bulat seperti membuat nastar diatas loyang yg dialasi silpat, kemudian kita pipihkan pakai punggung sendok hingga tipis.


Yang pertama saya kasih resep asli bunda Ricke ya. Berikut resepnya.

Resep Crumble ala Bunda Ricke
Just Ordinary Kitchen

Bahan:
50 gr tepung terigu protein rendah
2 sdm munjung gula halus
1 sdm munjung butter/margarin

Cara membuat :
Campur semua bahan jadi satu, remas-remas hingga tercampur rata dan berbulir siap digunakan untuk topping brownies panggang.



Nah yang ini setelah dimodifikasi menjadi red velvet crumble ala dapur ziah, setiap bikin saya pakai 2x resep tepung Bunda Ricke yaitu 100gr, biar tidak terlalu sedikit.

Resep Crumble Red Velvet ala dapur ziah 

Bahan:
95 gr tepung terigu protein rendah
5gr cokelat bubuk (pilih yang warnanya agak kemerahan)
90 gr gula halus
60 gr butter/margarin (butter lebih enak rasa dan aroma yang dihasilkan)
1 sdt pasta red velvet
1 sdt pewarna merah tua
2 tetes pasta cokelat

Cara membuat:
Campur semua bahan, remas-remas hingga semua tercampur rata. Ambil adonan, bulatkan sebesar kelereng, tata di atas loyang beralaskan silpat, pipihkan hingga tipis. Panggang dalam suhu 125 derajat celcius selama 20-25menit. Angkat, dinginkan dan blender halus. Siap digunakan.


Selamat mencoba ya Moms, semoga bermanfaat. Ilustrasi nata di loyangnya seperti foto di bawah ini ya Moms, green velvet crumble.


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment