Tuesday, February 25, 2020

Monogram Cake, Simple & Elegant Birthday Cake



Assalamualaikum....

Postingan kali ini mau cerita nih moms, monogram cake ini booming di dapurku sejak 2018, dan masih bertahan sampai awal 2020 ini. Birthday cake dengan inisial nama yang merayakan, diberi topping aneka cokelat masih menjadi primadona hingga awal tahun ini. Selain bisa merasakan lembutnya cake, manisnya cream, aneka topping cokelat yang menggoda, birthday cake ini juga memiliki tampilan simple tapi tetap cantik dan elegant.


Kita bisa menggunakan aneka jenis base cake sesuai request costumer. Kali ini saya share ukuran yang saya gunakan ya. hampir semua monogram cake di dapur saya menggunakan ukuran besar yaitu cake asal memakai loyang 22x30cm. Kemudian saya bentuk huruf sesuai request pemesan. Yang membedakan adalah lapisan kuenya saja, ada dua pilihan yaitu 2 lapis cake atau 3 lapis cake.


Kenapa harus menggunakan ukuran cake besar? Nah, ciri khas di dapur saya adalah dengan topping yang melimpah, kalau menggunakan ukuran kecil nanti tidak bisa diberi topping seperti contoh-contoh ini. Karena permukaan atas kue hanya sempit, sehingga sangat terbatas untuk memberikan aneka jenis topping.


Sebenarnya kita bisa saja menggunakan ukuran lebih kecil, misal 22x15cm. Tapi nanti sangat sedikit topping aneka cokelatnya. Seperti yang sering kita lihat di google ya. Karena semua memang kembali ke request pemesan dan budget yang diminta. 


Pembentukan huruf, saya menggunakan cara manual, tumpuk semua lapisan cake jadi satu, langsung saya gores di atas lapisan cake yang teratas, saya bentuk pola tipis menggunakan pisau kecil sesuai huruf atau angka yang akan dibuat. Setelah fix, kemudian saya potong sekalian dengan lapisan bawah menggunakan pisau cake berukuran panjang. Oiya, tips agar bisa rapi, cake nya harus benar-benar dingin ya, kalo masih hangat pasti bergerindil tidak bisa mulus hasil potongannya.


Untuk dekor samping kue, saya lebih suka yang tidak ada krim nya. Why? Ya soalnya lebih cepet proses dekornya. Hahahaha... Saya memang memberikan tarif tambahan untuk samping cake diberi krim atau tidak, karena memang beda waktu pengerjaannya dan jelas beda budget untuk ini. 


Untuk interaksi dengan saya secara cepat, bisa dengan komen di IG saya @evawahyupuspita_dapurziah di sana juga tertera nomor WA saya yang bisa dihubungi. Kalau komen blog, sering terlewatkan. Saya bantu sebisa saya. Karena saya juga masih belajar. Mari sama-sama belajar untuk membuat kue-kue cantik. Berikut ini contoh-contoh monogram cake ala dapur-ziah. Semoga menginspirasi.












Happy Baking Moms...

No comments:

Post a Comment