Wednesday, June 19, 2013

Nastar Nanas Gulung


Mengisi siang hari dengan mulai membuat kue kering, uji coba sebelum menentukan kuker yang pas buat hari raya. Sampai-sampai diprotes papap karena bajunya hari ini enggak aku setrika, maaf pap, penyakit lupa dan malas setrika kembali menyerang. hehehe... Kembali ke cerita nastar nanas gulung ini, awal melihat penampakan nastar gulung di sini, bener-bener bikin ngiler. Step by step pembuatannya di sini sangat jelas, didukung dengan fotonya yang bagus, hasil kue keringnya yang menggoda, bikin aku kepincut untuk mempraktekannya. Tapi apa daya, mencari press mould untuk cetakan kulitnya susah banget. 


Pas jalan-jalan dengan niatan mencari mangkuk sup, eh gak tahunya mataku kecantol sama jenis-jenis cetakan kue kering di etalase toko, nach, ketemu dech cetakan nastar gulung ini. Ada juga teman blogger yang sampai-sampai titip temannya di luar negeri untuk beli cetakan ini, alhamdulillah aku enggak harus ke luar negeri untuk beli, cukup di Blitar saja. Untuk cetakanku ini, bahannya dari plastik, tetapi motifnya sama persis dengan link yang aku cantumkan di atas.


Sebagai uji coba pertama, tak apalah hasilnya masih kurang rapi, beda sama yang sudah ahli, namanya juga belajarkan? (ngeles.com). Menurutku hasil kukisnya terlalu rapuh, lain kali kalau mau bikin lagi, aku campur dech mentega dan margarin dengan perbandingan 1:1. Mungkin memang seleraku dengan selera bule itu beda ya? Mereka suka kukis yang empuk dan langsung lumer di mulut (dipegang saja mudah hancur). Kalau aku lebih suka yang harus digigit dulu baru hancur. hehehe...

Buat yang pengen mencoba, silahkan dicoba resep berikut.

Nastar Nanas Gulung

Bahan :
250 gr mentega tawar (menurutku lebih baik 125gr mentega + 125gr margarin)
50 gr gula halus
2 kuning telur
360 gr tepung terigu + 2 sdm tepung maizena, ayak
1/4 sdt garam (kalau pakai mentega tawar)

selai nanas secukupnya, bentuk bulatan lonjong

-untuk olesan-
1 kuning telur
2 sdm susu cair
1/2 sdt cookies glaze (optional, aku tambahkan)

Cara membuat :
1. Kocok mentega dan gula hingga lembut.
2. Masukkan kuning telur, lanjutkan mengocok.
3. Tuang tepung sedikit demi sedikit, tambahkan garam.
4. Pastikan adonan lembek sehingga tidak mudah patah saat di bentuk.
5. Cetak kulit nastar dengan press mould dengan panjang sekitar 5 cm, beri selai lalu gulung.
6. Letakkan di atas loyang yang sudah bersemir margarin.
7. Beri olesan bagian atasnya.
8. Panggang dengan api sedang hingga kuning kecokelatan.

Happy baking Moms...

4 comments:

  1. Mbak,,,aku juga lagi cari cetakan itu, bisa tolong titip beli gak yaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aku lihat dulu ya mbak masih ready stock gak di swalayan yang aku beli waktu itu, mbak Dinny tinggalnya di mana?

      Delete
  2. Hi mba.. saya jg lg cari cetakan itu. Blh nitip kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saya lihatkan dl ya, kalo ada tak kabari. soalnya beli ini sudah 3 thn lalu.

      Delete