Sunday, October 12, 2014

Cheese Cake ala Dapur-Ziah


Assalamualaikum Moms...

Sebenarnya ini udah malam banget di tempatku, jam 00:15 di layar monitorku, lha sudah terlanjur janji mau share resep malam ini, eh ternyata jam segini baru saja masuk rumah. Baiklah kembali ke topik makanan yang aku share ya, ceritanya sudah dua minggu ini Zie selalu kebagian sisa creamnya saja saat aku membuat kue tart pesanan orang, sengaja tidak aku lebihkan soalnya aku pikir sudah pada bosen semua. Nah, hari sabtu kemarin dia lihat lagi kue tart yang aku buat untuk ultah suami teman kerjaku, Zie bilang "Ma... Zie mau Ma..." Waduh... Berhubung aku cuma bikin cakenya pas, akhirnya aku janjikan hari ini untuk aku buatkan cake.


Tema yang aku pilih adalah yang berhubungan dengan keju karena Zie pecinta cokelat atau keju. Alhasil aku eksekusi saja Cheese Cake yang lagi booming di tempat kerjaku. Minggu lalu sempat beli cheese cake juga dari teman kerjaku, tapi ukuran mini, sehingga dalam waktu sekejap saja sudah ludes dimakan. Biar pada "mblenger" cheese cake, akhirnya aku buatkan sendiri saja yang ukuran jumbo. Pakai loyang diameter 20 cm dengan tinggi sekitar 9 cm. Karena pengen yang dominan cakenya, akhirnya aku salut dengan cream enggak begitu tebal, ya sedang saja lah jumlah krimnya, semua kan kembali ke selera masing-masing ya, soalnya aku takut malah enek kalo kebanyakan cream.


Buat yang penasaran penampakan bagian dalam cake ala dapur ziah, kurang lebih seperti foto di bawah ini ya, hanya saja biasanya aku beri filling krim yang lebih banyak dari ini, tergantung yang request deh pokoknya. Tapi yang pasti, dijamin cakenya nyes-nyes di mulut. hehehe... Langsung saja berikut resep Cheese Cake ala Dapur-Ziah.


Cheese Cake ala Dapur-Ziah

Bahan Cake :
8 butir putih telur
140 gr gula pasir 

90 gr butter
250 gr cream cheese
90 ml susu UHT cair 

70 gr tepung terigu protein sedang, ayak
20 gr maizena, ayak 

8 butir kuning telur 

Bahan Krim :
300 ml whipped cream cair, kocok kaku
150 gr cream cheese (bisa juga diganti dengan cheese spread), kocok
campur kedua bahan tersebut, kocok rata, siap digunakan

keju cheddar parut untuk taburan atas
karamel kacang mete untuk hiasan samping 

Cara membuat cake :
1. Kocok putih telur dan gula hingga kaku, sisihkan (jangan sampai over agar tidak turun terlalu banyak nanti cakenya setelah matang).
2. Panaskan butter, cream cheese dan susu UHT cair hingga hampir mendidih, matikan api.
3. Masukkan tepung terigu dan maizena yang sudah di ayak, aduk rata dengan whisker.
4. Setelah adonan hangat, masukkan kuning telur, aduk rata.
5. Campur adonan kuning telur dan kocokan putih tlur dengan sistem pancinga dulu ya.
6. Aduk balik hingga rata.
7. Tuang dalam loyang bulat diameter 20 cm yang sudah dialasi kertas roti.
8. Panggang dengan sistem au bai marine hingga matang.
9. Tunggu dingin lalu hias dengan cream, keju parut, dan karamel kacang mete sesuai selera.


Note :
Membuat karamel kacang mete

100 gr mete cincang
100 gr gula pasir
20 gr butter

Cara membuat :
masak dengan api kecil mete dan gula hingga gula menjadi karamel, matikan api lalu masukkan butter, aduk rata.

Happy baking Moms...

2 comments: