Sunday, March 15, 2015

Pai Cum-Cum (Puff Pastry Isi Vla Vanilla)



Assalamualaikum Moms...

Udah lama banget aku enggak posting resep plus foto-foto hasil baking yang special untuk postingan blog ini, beberapa hari, eh salah minggu atau bulan mungkin tepatnya ya, selalu posting hasil baking untuk dijual saja. Kayaknya pemilik blognya lagi matre, males baking kalo enggak untuk dijual. hahaha... *Upss keceplosan. Alhasil ini fotonya susah banget ngambilnya, mungkin harus adaptasi ulang dan juga belajar lagi tentang pencahayaan, tata letak props, reflektor dan lain-lain. Sudah tua jadi gampang lupa. hihihi...

DSC_0018

Dua hari lalu (*lama amat ya?), si papap request dibikinin apa aja asal manis dan dari kulit pastry, jadilah hari ini eksekusi Pai Cum-Cum ini. Sebenernya ini sama kayak kue Cum-Cum yang pernah aku posting, tapi aku lupa naruh cetakan Cum-Cum alias Horn Pastry dimana, ya sudahlah, pakai cetakan pai saja. Jangan ditiru ya sifat pelupa plus suka nomaden kalau naruh barang-barang. Kata pak suami hasilnya enak, langsung ludes, ini sudah tinggal cucian alat baking aja yang seabrek, Pai Cum-Cumnya sudah masuk perut semua.

Berikut resep Pai Cum-Cum yang aku buat hari ini, untuk kulitnya bisa dilihat di resep yang sebelumnya ya, berikut linknya.

Pai Cum-Cum (Puff Pastry Isi Vla Vanilla)

Bahan :

kulit pastry secukupnya, lihat di sini

-Vla Vanilla-
80 gr tepung terigu
20 gr tepung custard (bisa diganti tepung maizena)
100 gr gula pasir (tergantung selera)
4 butir kuning telur
3 cup susu UHT (sekitar 600-700 ml)
1/2 sdt essens vanilla
1/4 sdt garam halus


Cara membuat :
1. Membuat vla, campur semua bahan, aduk rata, panaskan diatas api kecil aduk terus sampai meletup-letup, angkat dan dinginkan. Siap digunakan.
2. Cetak kulit pastry dalam cetakan pai, beri pemberat bagian atasnya agar tidak menggembung, aku tadi aku beri cetakan pai yang lebih kecil dan aku isi dengan beras sebagai pemberat.
3. Panggang kulit pastry hingga matang, angkat dan dinginkan. Keluarkan dari cetakan.
4. Isi puff pastry yang sudah matang dengan vla vanilla, hias dengan kismis atau cery merah. Sajikan.

Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment