Rabu, 23 April 2014

Horn Pastry atau Cum-Cum


Assalamualaikum...

Sore-sore lagi nganggur, akhirnya posting aja olahan pastry ini. Sebenarnya sudah beberapa kali bikin sendiri kulit pastry, tapi baru kali ini sempat posting tentang olahan pastry. Olahan pertama yang aku bikin adalah Horn Pastry alias Cum-Cum. Alhamdulillah hasilnya enak banget, bikin 12 buah langsung ludes kami santap bertiga. hehehe...


Resep kulit pastrynya simpel banget, hanya saja yang perlu perjuangan adalah saat menggilas biar berlapis-lapis itu, sekalian melatih otot. hehehe... Kalau masalah isian sih sesuai selera saja, bisa menggunakan vla orinigal, cokelat ataupun vla durian yang mantap. Langsung saja berikut resep horn pastry.

Horn Pastry

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 butir telur
1/2 sdt garam
2 sdm margarin
200 ml air

250 gr margarin lipat / korsvet

-bahan vla-
300 ml susu UHT
1 kuning telur
1 sdm gula pasir
40 gr tepung maizena

30 gr cokelat batang
1/2 sdm margarin


Cara membuat :

1. Untuk membuat kulitnya, campur semua bahan kecuali margarin lipat, campur hingga rata, uleni hingga setengah kalis. Bentuk menjadi persegi panjang, taruh margarin lipat di 2/3 bagian, tutup 1/3 bagian yang tidak ada margarin lipatnya ke arah yang ada margarin lipatnya, lanjutkan tutup 1/3 sisanya di atas lipatan pertama, sehingga besar adonan sekarang menjadi 1/3 dari persegi panjang yang sebelumnya dan semua lapisan sudah ada mentega lipatnya. Simpan dalam lemari es selama 10 menit. Gilas adonan hingga menjadi persegi panjang kembali, lakukan lipatan seperti sebelumnya (sudah tidak diberi margarin lipat). Simpan kembali di lemari es. Lakukan lipatan tersebut hingga tiga kali. Kulit Pastry pun siap digunakan.

2. Untuk membuat kulit horn pastry, ambil sebagian kulit pastry, giling setebal 0,5 cm memanjang, potong seperti pita dengan lebar 1-1,5 cm dan panjang sekitar 20-30 cm tergantung besar kecil horn pastry yang diinginkan.

3. Lilitkan potongan kulit pastry pada cetakan horn pastry yang sudang dioles margarin tipis. Lakukan hingga selesai.

4. Olesi permukaannya dengan kuning telur, lalu taburi gula pasir.

5. Panggang dengan menggunakan suhu tinggi selama 5 menit, kemudian turunkan suhunya menjadi sedang selama 10 menit, kulit horn pastry siap digunakan.

6. Untuk membuat vla, campur semua bahan keculai cokelat batang dan margarin, aduk rata lalu jerang di atas api sambil di aduk hingga adonan meletup-letup. Angkat dari api, lalu masukkan cokelat batang dan margarin, aduk agar tercampur rata. Vla siap digunakan.

7. Penyelesaian, ambil kulit horn pastry, beri sesendok makan vla, hias sesuai selera. Siap disajikan.


Happy baking Moms...

1 komentar:

  1. Hhhhmmm, yummi, Makasih atas resepny, kebetulan ada cumi di kulkas buat dimasak besok,,, masih bingung mau di apan tu cumi :)

    Salam super :) By Toko Lukisan Online

    BalasHapus