Sunday, October 6, 2013

Es Lilin Ketan Hitam


Assalamualaikum Moms...

Wah... kangeeeennnnnnnnnnnn... Lama enggak ngeblog nich, tak terasa sudah masuk bulan Oktober, tapi aku masih jarang posing di bulan ini. Hiks... Kena virus sok sibuk, akhirnya banyak menu-menu yang terlewat untuk aku abadikan dengan foto-foto. Maklum, belum difoto sudah ludes duluan, kalau enggak gitu makanan sudah masak, tapi aku keburu berangkat kerja. Haduh...


Kali ini aku postingkan es lilin ketan hitam yang sudah aku bikin minggu lalu, mumpung masih dikit di kulkas. Simpel tapi segerrrrr... Untuk pembuatannya sama dengan cara membuat bubur ketan hitam, tapi kali ini dibanyakin kuahnya kayak bikin es campur itu lho. Sedikit tips untuk membuat es lilin berbahan santan adalah ditambahkan sedikit larutan maizena agar saat beku tidak terdapat lapisan santan yang terpisah.


Es Lilin Ketan Hitam

Bahan :
250 gr ketan hitam, rendam satu jam lalu tiriskan
1 liter air

1,5 liter air santan
gula pasir, secukupnya
2 lembar daun pandan, sobek-sobek lalu simpulkan
1/2 sdt garam

1 sdm maizena yang dilarutkan dengan sedikit air

Cara membuat :
1. Rebus ketan dengan air hingga lunak.
2. Tambahkan santan, gula, daun pandan dan garam. Rebus hingga mendidih.
3. Masukkan larutan maizena, aduk kemudian matikan api.
4. Tunggu dingin, lalu masukkan ke kantong plastik atau cetakan es sesuai selera.


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment