Tuesday, March 12, 2019

Red Velvet Yummy


Assalamualaikum Moms...

Kemarin ada yang bertanya kalau mau bikin red velvet enaknya pakai resep mana ya? Kalau menurut saya semua resep basic red velvet itu mirip-mirip ya, intinya bahannya ya itu-itu saja, takarannya juga tidak berbeda secara signifikan. Nah, kalau kita sudah pernah ngicip red velvet versi di bakery besar, pasti tahu lah ya basic red velvet itu ya seperti itu, cake-nya padat tapi moist. Berbeda jauh dengan chiffon cake atau ogura cake. Enak gak ya? kembali ke selera masing-masing. Ada kan yang doyan cake bantat seperti brownies (*baca:saya), ada yang sukanya cake empus-empus macam ogura atau chiffon cake. 


Kalau saya suka basic red velvet itu yang tekstur moist-nya berasal dari yogurt dan air kopi/jus buah bit, kenapa? karena buttermilk di Blitar tidak ada yang jual. hahahahha... Daripada bikin sendiri dari susu UHT diberi air jeruk lemon atau cuka, saya pilih yogurt saja. Memang beda ya? Silahkan dicoba sendiri ya, karena kembali lagi selera saya belum tentu sama dengan selera pembaca. Yogurt nya bukan yg buat diminum itu ya, tapi yang lebih kental, biasanya kemasannya kayak cup gitu bentuknya.


Misal mau lebih hemat, memang gantilah dengan buttermilk ala homemade, susu UHT dihangatkan sebentar, beri perasan air jeruk lemon atau cuka, biarkan sebentar tunggu hingga pecah, maaf seperti susu basi itu lho, ada misah kan ya di bagian atas dan bawahnya, semoga maksud saya tersampaikan lah ya. Nah buttermilk ala-ala sudah siap dipakai. Yang dipakai semuanya ya, bukan hanya lapisan atasnya saja, tapi semuanya itu tadi yg digunakan, misal butuh 1 cup buttermilk di resep ya kita buat dari 1 cup susu UHT hangat plus 1 sdm cuka atau air jeruk lemon.


Kalau untuk jualan, semua sesuaikan dengan selera pasar ya, misal mau red velvet versi original ya pakai resep ini cocok teksturnya. Kalau mau yang empuk, karena kadang orang kan taunya cake enak itu yang empuk gitu ya, bisa pakai sponge cake atau jenis lainnya yang dirasa disukai konsumen anda, tapi buat dengan tambahan pasta red velvet dan juga jus buah bit. Terus namanya apa? Ya tetep red velvet cake lah, tapi ada embel-embelnya, misal nih, red velved cake ala dapur-ziah. hihihi...



Resep ini saya ambil dari Divas Can Cook. Sebenarnya mau pakai resep siapapun bisa kok, mau yg enak ya konsekuensinya kudu pakai bahan yang bikin kue jadi enak juga. Apakah kudu premium semua bahan bakunya? Kembali ke pangsa pasar ya. Tehnik pembuatan jg sangat berpengaruh dalam menentukan hasil tekstur dan rasa dari cake itu sendiri. Beda oven, beda merk bahan, beda "tangan" hasilnya bisa jadi beda juga. Terus kudu gimana? Jam terbang diperbanyak. Apakah saya pernah gagal, jawabannya seriiiinggg...



Kue berakhir di tempat sampah itu pasti semua orang pernah mengalami. Tapi kapan mau bisa kalau enggak berani mencoba. Jangan gunakan alasan ovennya, mixernya dll tidak sebagus punya si dia, alhasil pasti gak bisa bikin seperti itu, ah salaaaahhhhh... saya mulai suka baking tahun 2011, dan awal jualan saya akhir 2013, dan dari awal itu sampai 2016 masih memakai oven tangkring, iya oven yang nangkring di atas kompor itu, selama kurun waktu 3 tahun jualan itu saja habis 2 oven, kerusakan terjadi karena sudah terlalu sering dipakai ya, mleyot-mleyot semua body-nya. Saat itu saya hanya pakai oven tangkring pemberian ibu saya tidak beli, jadi ya merk apa adanya. Setelah itu apakah beli oven yg bagus langsung, enggak lah, dapat hibah lagi dari bu mertua. hahahaha.... Setelah ditahan-tahan akhirnya sekitar tahun 2016an akhir baru beli oven deck.



Baiklah kita kembali ke jalan yang benar. Jangan dengarkan curhatan receh saya. wkwkwkwk.... Langsung saja ini dia resepnya yang sedikit saya tambahi narasinya dan jelas tanpa bahan yang tidak dianjurkan bagi umat muslim (*halal only)



Red Velvet Cake
by : Divas Can Cook

Bahan :

360gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
1 sdt garam halus
2 sdm cokelat bubuk (pilih yang berwarna cenderung merah)
400 gr gula halus
1 cup minyak
2 butir telur
1 cup yogurt (*aslinya butter milk)
2 sdt essen vanilla
1-2 sdm essens red velvet (*aslinya pewarna merah)
1/2 cup air kopi panas(*nescafe)/ jus buah bit
1 sdt cuka masak



Cara membuat:
1. Siapkan loyang bulat diameter 20cm tinggi sekitar 5cm, jadi 2 loyang. Beri baking paper alasnya dan oles margarin.
2. Panaskan oven 180 derajat celcius.
3. Ayak tepung, baking powder, soda dan garam. Sisihkan.
4. Letakkan gula dan minyak dalam wadah cukup besar.
5. Campur telur, yogurt, essens, vanila essens dan red velvet  hingga rata.
6. Aduk rata air kopi/jus buah bit dan cuka.
7. Campur bahan kering dengan bahan basah, aduk segera, jangan terlalu lama mengaduk agar tidak bantat.
8. Tuang dalam 2 loyang.
9. Panggang selama kuraang lebih 40 menit. Tes tusuk.
10. Angkat, dinginkan. Siap dihias.


Happy baking Moms...

1 comment:

  1. With the android poker application, you can play Poker Online faster, easier and more practically. Therefore do not have to think twice more. Just join poker online to get a quality poker game with lucrative payouts. In addition, the Sopshop site also provides Android and iOS poker gambling applications.

    ReplyDelete