Monday, August 26, 2013

Dadar Gulung



Selamat malam Moms...

Hari ini aku berniat menghabiskan stock buah nangka di lemari es nich. Alhasil punya ide untuk membuat dadar gulung isi kelapa plus buah nangka ini. Awalnya sich pengen bikin yang seger-seger, tapi pas mulai nguplek di dapur malah ide bikin dadar gulung ini yang muncul. Ya sudah lah, yang penting cepat diolah dan hasilnya disukai. Untuk kulitnya, aku pakai resep kulit panekuk yang biasa aku gunakan.


Berhubung kelapa yang agak muda itu mesti cepet diolah kalau sudah dibuka dari kulit kerasnya, akhirnya aku bikin semuanya untuk isian. Nah, dari sini nich muncul masalah baru lagi, isiannya jadi buanyak, akhirnya malah beda cerita, sekarang jadi nyetok isian dadar gulung di lemari es. Nah lho... Tungguin kreasi selanjutnya untuk mengolah isian dadar gulung yang tersisa ya Moms. hehehe...


Isian yang aku buat kali ini menurutku manisnya perlu dikurangi, kalau llidahku lho ya, tapi kalau menurut lidah sukarelawan yang mencoba testernya waktu aku bikin isian ini sich pas. Semua kembali pada lidah masing-masing. Biar aman, gula merahnya dimasukin sedikit demi sedikit biar pas sesuai selera. Dan memasak nangkanya jangan terlalu lama, cukup setengah matang biar terasa kres-kres nggigit buah nangkanya gitu. hehehehe...


Buat yang pengen nyoba, berikut aku tuliskan kembali resep kulit beserta isiannya. Tapi kali ini resep kulitnya aku gandakan biar jadi agak banyak, soalnya isiannya buanyak polll....

Dadar Gulung

Bahan :
-kulit-
250 gr tepung terigu protein sedang
1/4 sdt garam
3 butir telur, kocok lepas (bisa dikurangi bagi yang alergi amis telur, tapi ya memang hasil kelembutan kulitnya beda)
600 ml santan encer
pasta pandan secukupnya

-isian-
1 butir kelapa yang agak muda, buang kulit tipisnya, parut memanjang
200 gr gula merah, sisir (lain kali kalau bikin, menurutku 150 gr saja cukup)
200 ml air
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan, sobek-sobek lalu simpulkan
Buah nangka secukupnya, potong dadu kecil-kecil

Cara membuat :
-untuk kulit-
1. Campur semua bahan lalu aduk hingga tercampur rata.
2. Panaskan panci teflon, olesi margarin tipis, cukup sekali di awal saja.
3. Cetak adonan sesendok sayur, ratakan.

-untuk isian-
1. Larutkan gula merah dengan air, biar cepat hancur.
2. Campur semua bahan, kecuali nangka, lalu masak diatas api kecil hingga air habis. Sambil diaduk.
3. Masukkan nangka sesaat sebelum diangkat dari api.

-penyajian-
1. Ambil selembar kulit, isi dengan sesendok isian.
2. Gulung seperti membuat lumpia.
3. Siap dihidangkan.


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment