Friday, January 31, 2014

Bolu Panggang Ketan Hitam


Selamat sore Moms...

Kembali dengan postingan yang super telat. Bolu Panggang Ketan Hitam ini sudah seminggu yang lalu aku buat, aku gunakan sebagai buah tangan buat para ibu-ibu saat arisan keluarga, kebetulan minggu kemarin jatahnya ditempatku. Oya, satu resep jadi 2 loyang brownies ukuran 10 x 22 cm. Berhubung pesertanya 22 keluarga, jadi aku buat 12 resep, yang dua loyang untuk icip-icip. heheheh...


Pada kue bolu ini aku tambahkan kayu manis bubuk agar aroma semakin menggoda, dan juga menambah cita rasa lho. Kuenya lembut dan enggak seret. Kemarin cukup aku hias dengan cokelat leleh kemudian ditaruh dalam mika brownies, sudah cukup cantiklah buat pemula seperti aku. (*PD-nya kumat). Oya, aku menggunakan metode All in One, sehingga mudah sekali membuatnya dan enggak harus nyuci perabot yang buanyyyaaaakkkk..... hehehe...


Berikut resepnya.

Bolu Panggang Ketan Hitam

Bahan :
325 gr butter, lelehkan

300 gr gula pasir
5 butir telur
1 sdt cake emulsifier (munjung)
225 gr tepung terigu protein sedang
200 gr tepung ketan hitam
1/2 sdt baking powder (aku pakai yang double acting)
1 1/2 sdt kayu manis bubuk
225 susu UHT putih
1/2 sdt vanilla essens


Cara membuat :
1. Campur semua bahan kecuali butter leleh, kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental.
2. Masukkan butter leleh, aduk balik dengan sepatula.
3. Tuang dalam loyang ukuran 10 x 22 cm yang sudah di olesi mentega dan di alasi kertas roti.
4. Panggang dalam api sedang (180 derajat celcius) dengan cara au bai marie selama 25 menit.
5. Angkat dari oven, tunggu dingin, hias sesuai selera.


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment