Saturday, January 4, 2014

Rich and Moist Chocolate Banana Bread


Assalamualaikum Moms...

Selamat kembali beraktifitas setelah liburan yang cukup lama Moms. Dapur-ziah bener-bener libur masak nich selama dua minggu, soalnya mesti gotong-royong pindahin semua barang ke tempat baru lagi. Alhamdulillah bareng dengan liburan natal dan tahun baru, jadi dua hari sudah kelar mindahin barangnya, karena dibantu sama keluarga besar. Habis itu langsung tancap gas buat berlibur ke rumah mertua dan lanjut ke rumah orang tuaku. Untuk olahan di tempat baruku ini, yang pertama kali sempat didokumentasikan adalah Rich and Moist Chocolate Banana Bread ini. Sebenarnya menurutkan olahan ini termasuk cake bukan bread, tapi ngikut resep asalnya sajalah pemberian namanya. hehehe...


Rich and Moist Chocolate Banana Bread ini aku dapat resepnya dari blog mbak Ita Masam-Manis yang ternyata berasal dari blog mbak Hesti Yummy for Your Tummy. Kedua orang ini adalah blogger yang menginspirasi aku lho, mereka jago banget dalam urusan dapur. Kenapa aku bikin olahan ini, yang pertama adanya stock pisang tinggal 4 buah dan bingung mau diolah apa, nah yang kedua adalah lihat penampakan foto di blog mbak Ita Masam-Manis yang bikin aku ngiler, setiap melihat blog mbak Ita, pasti serasa makanannya ada di depanku, pengen aku comot aja. Coba saja buka link ini, dijamin fotonya bikin ngilllerrrr.... Dari testimoni di blog mbak Hesti ada sedikit kekurangan yaitu warna kuenya kurang begitu cokelat, akhirnya aku modifikasi dengan mengganti vanili bubuk menjadi cokelat pasta, hasilnya nyoklat banget dech warna dan rasanya.


Ini aku tulis ulang resepnya.

Rich and Moist Chocolate Banana Bread
by : Savory Sweet Life via Hesti yummy for your tummy

Bahan :
150 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder (resep asli pakai soda kue, tapi aku pas kehabisan stock, belum belanja, hehehe...)
2 sdm cokelat bubuk

100 gr butter
120 gr gula

1 butir telur
4 buah pisang raja, lumatkan dengan garpu
1/2 cangkir buttermilk (resep asli pakai sour cream)
1 sdm pasta cokelat (resep asli pakai vanili bubuk)

1/2 cup chocochip (resep asli 1 cup)

chocochip dan almond slice untuk taburan

Cara membuat :
1. Panaskan oven dan olesi loyang yang akan digunakan dengan margarin kemudian taburi tepung tipis saja.
2. Ayak tepung, baking powder dan cokelat bubuk, sisihkan.
3. Kocok butter dan gula hingga rata.
4. Masukkan telur, pisang lumat, buttermilk dan pasta cokelat, kocok rata.
5. Tambahkan ayakan tepung, aduk asal rata.
6. Tambahkan chocochip, aduk rata.
7. Tuang dalam loyang, taburi dengan chocochip dan almond slice.
8. Panggang hingga matang, aku sekitar 50 menit dengan api sedang.

Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment