Tuesday, January 14, 2014

Kue Kukus Labu Kuning


Assalamualaikum Moms...

Wah...... Lama banget enggak ngunjungi blog, kangen plus capek nich. Beberapa hari ini aku terserang virus males, mulai dari males masak, males beres-beres dan males-males yang lainnya (tapi pastinya enggak boleh males mandi, apalagi kalau mau berangkat kerja enggak mandi, bisa-bisa pada pingsan itu teman kerjaku, hahaha...). Sampai-sampai aku lupa kalau dikirimi labu kuning sama ibuku, begitu ingat, langsung aku eksekusi. Semuanya aku kupas dan bersihkan, lanjut aku kukus dan kemudian dihaluskan. Setelah itu baru dech bingung mau dibikin apa labu kuning kukusnya.

Ingat-ingat list resep yang harus dicoba, langsung dech aku ingat sama resep kue kukus labu kuning di blog Mbak Diah Didi (lagi dan lagi virus Mbak Diah Didi menyerangku). Kue kukus labu kuning ini beneran lembut lho, walaupun jenis kue kukus tapi rasanya mantap dan empuk, bisa dibandingkan sama kue lapis surabaya lho Moms. Kalau di resep aslinya, kue ini dibuat menjadi dua lapis, yaitu lapisan cokelat dan lapisan pure labu kuningnya, dan diantaranya diberi taburan meisis. Kalau versi aku, seperti biasa lah, dibuat praktis dengan menggunakan cetakan tulban dan bermotif marmer, biar cepet (baca : males nyari cetakan yang lainnya). hahaha... Langsung sajalah ini dia aku tulis ulang resepnya versi aku.

Kue Kukus Labu Kuning

Bahan :
75 gr labu kukus, haluskan
75 ml santan

3 butir telur
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdm emulsifier
1 sdt vanila essens

85 gr tepung terigu protein sedang
15 gr susu bubuk

1/2 sdm pasta cokelat

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan, siapkan loyang, olesi dengan minyak tipis saja.
2. Blender labu kukus dan santan hingga lembut, lalu saring. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula, garam, emulsifier dan vanila hingga mengembang.
4. Masukkan terigu dan susu bubuk, aduk rata.
5. Tambahkan blenderan labu dan santan, aduk rata.
6. Ambil sepertiga adonan, beri pasta cokelat.
7. Tuang dalam loyang, buat motif sesuai selera.
8. Kukus hingga matang.

Happy baking Moms...

2 comments:

  1. Wah, kreatif Mba Eva..di buat motif marmer..malah praktis dan cakep ya..:)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda antara kreatif & males bagiku itu tipis berarti ya mbak? Hehehe...

      Makasih sudah mampir mbak Diah Didi...

      Delete