Friday, September 12, 2014

Brazilian Cheese Bread


Selamat pagi Moms...

Beberapa hari kena virus malas ngeblog, seperti biasalah, penyakit yang sering menyerang para blogger. hehehe... Hari ini mau posting resep sarapan super praktis yang konon katanya merupakan salah satu roti terenak di dunia, tapi versi bule deh kayaknya, bukan versi lidah ndesoku. Walaupun tidak sesuai dengan lidah ndesoku tapi tetep aja aku habis dua buah untuk sarapan. hehehe... Waktu membaca review roti ini di Simply Recipes, yang mengatakan tekstur roti ini chewy seperti kue mochi Jepang (ya jelas saja bukan dari tepung terigu tapi tepung tapioka), langsung aku berpikir masa iya roti mirip mochi. Karena penasaran, akhirnya aku coba bikin, timbang-timbang bahan, walah tepung tapiokanya kurang, akhirnya aku tambahan oatmeal saja biar tetep gluten free ceritanya. hahaha...


Kalau di salah satu acara stasiun TV yang pernah mereview beberapa roti terenak di dunia, Brazilian Cheese Bread alias roti keju Brasil ini bisa disajikan dengan olesan cream keju, berhubung enggak punya, akhirnya aku beri selai blackberry dan parutan keju saja. Sebenarnya dalam adonannya sudah mengandung keju, sehingga tanpa diberi olesanpun sudah enak rasanya, hanya saja tekstur roti ini saja yang masih aneh di lidahku. Seperti pancake tapi lebih liat. Jadi biar bisa merasakan keistimewaan olahan ini, harus disantap selagi hangat, kalau masih sisa, simpan di wadah kedap, lanjut hangatkan sebentar sebelum disantap kembali.


Berikut resep Brazilian Cheese Bread ala Simply Recipes yang banyak dimodifikasi sama blogger yang sok tahu (*baca Mama'e Zie). Semoga orang Brasil yang punya resep ini enggak marah karena resepnya aku ubek-ubek sesuka hati. Amin...

Brazilian Cheese Bread

Bahan :
1 butir telur
75 ml minyak kualitas bagus (resep asli pakai olive oil)
150 ml susu UHT
170 gr tepung tapioka (kalau aku 100 gr tepung tapioka + 70 gr oatmeal)
50 gr keju cheddar (sepertinya kalau pakai keju parmesan lebih mantap)
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir (ini aku tambahi sendiri, takut enggak berasa kalau tanpa gula)

Cara membuat :
1. Panaskan oven.
2. Blender semua bahan hingga lembut.
3. Masukkan pada loyang muffin yang sudah dioles margarin.
4. Panggang hingga matang dengan api kecil selama 15-20 menit.
5. Sajikan selagi hangat dengan selai sesuai selera.

Happy baking Moms,,,

No comments:

Post a Comment