Wednesday, July 17, 2013

Donat Imut Celup Cokelat


Bagaimana Moms puasanya hari ini? Enggak bolong kan?

Masih dalam rangka menyajikan takjil untuk berbuka puasa. Kali ini aku membuat donat yang aku celupkan ke cokelat blok. Sebagai menu takjil di bulan puasa, masih tetap bernuansa manis Moms. Enak dan bergizi tentunya. Apalagi di bulan ramadhan ini, harus memberikan menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi agar seluruh anggota keluarga kuat dalam menjalankan ibadah puasa ini.


Donat yang buat kali ini memiliki ukuran yang imut. Sengaja aku buat kecil-kecil agar tidak begitu berat rasanya menyantap takjil ini setelah meminum segelas es cendol. Karena ukurannya imut, makanya aku beri nama Donat Imut Celup Cokelat. Ukuran donat ini beneran kecil lho, lihat aja foto di bawah ini yang menunjukkan ukuran donat saat aku pegang.


Ada resikonya lho kalau membuat Donat Imut ini, yaitu jadi lupa diet. hehehehe.... Soalnya ukurannya yang kecil membuat kita tidak sadar sudah memakan berapa buah. Untuk resepnya, ini aku share ya.

Donat Imut Celup Cokelat

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
2 kuning telur
2 sdm susu bubuk
75 gr mentega
1/2 sdt garam
3 sdm gula

50 ml air kelapa + 50 ml air panas, campur
11 gr ragi instan (fermipan)
minyak goreng secukupnya

-topping-
DCC, lelehkan
WCC, lelehkan

Cara membuat :
1. Campur air kelapa dan air panas. Kemudian masukkan ragi instan, aduk. Biarkan hingga terdapat banyak gelembung.
2. Campur tepung, kuning telur, susu, mentega, garam dan gula. Kemudian masukkan air yang dicampur ragi instan.
3. Uleni adonan hingga benar-benar kalis, bila dirasa kurang air, bisa ditabahkan air dingin biasa. Menguleninya bisa juga dengan dibanting-banting atau menggunakan mixer. (Aku uleni dengan cara aku banting-banting selama 10-15 menit)
4. Tutup adonan dengan serbet bersih. Diamkan 15 menit.
5. Ambil adonan kira-kira sebesar biji nangka, bila perlu ditimbang agar besar donat yang dihasilkan nanti sama. Bentuk menjadi donat mini. Diamkan kembali selama 20 menit atau adonan mengembang dua kali lipat.
6. Goreng dalam minyak panas. Dinginkan.
7. Celup setengah bagian donat dengan DCC, biarkan DCC kering.
8. Hias bagian atas dengan WCC sesuai selera. Dinginkan, siap disajikan.



Happy baking Moms...

2 comments:

  1. maaf mbak tanya ?
    gunanya air kelapa untukapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut tanteku sich katanya membantu proses pengembangan adonan karena air kelapa mengandung gas. Selain itu juga membuat tekstur lebih moist. Semoga jawabannya bs membantu.

      Delete