Minggu, 15 September 2013

Es Ubi Ungu


Hari minggu tapi bawaannya males, itulah yang terjadi padaku hari ini. Pengen istirahat aja, itulah rencanaku mulai dari pagi tadi saat mengawali hari. Tapi apa daya, tengah hari papap minta dibuatkan kolak ubi, saat proses mengupas ubi baru nyadar kalau ini jenis ubi ungu, walah... pasti warna kuahnya bakalan buram ini. Akhirnya aku putuskan untuk mengolah ubi ungunya menjadi es ubi ungu yang disandingkan dengan cendol hijau dan buah nanas.


Ubinya aku potong dadu lalu aku rebus sebentar hinggak lunak, tetapi enggak over cook, biar enggak "mblenek", bahasa apa ini ya??? hehehe... Untuk kuahnya aku buat air gula merah yang disandingkan dengan santan. Rasanya??? Enak donk, apalagi disantap siang ini yang panas banget di tempatku, segeeerrr....


Cara membuatnya gampang banget Moms, berikut aku tuliskan resep dan cara membuat, ukurannya silahkan dikira-kira sendiri sesuai kebutuhan masing-masing .

Es Ubi Ungu

Bahan :
ubi ungu, potong dadu, rebus hingga empuk
cendol hijau
buah nanas, potong kecil-kecil
gula merah
gula putih
jahe, geprek
air
santan yang berasal dari air matang
es batu

Cara membuat:
1. Rebus air, gula merah, gula putih dan jahe hingga mendidih, saring dan sisihkan.
2. Tata es batu, ubi ungu, cendol dan nanas dalam mangkuk saji.
3. Campur air gula dan santan, siramkan pada mangkuk saji yang sudah berisi ubi ungu tadi.
4. Siap disajikan.


Mudah kan Moms membuatnya??? Untuk isiannya bisa menyesuaikan dengan stock bahan yang ada di dapur kok. Kebetulan tadi yang ada di kulkas itu, ya sudah dech, langsung sikat saja. Untuk santannya aku menggunakan air matang untuk memeras kelapa parutnya. Kenapa? Karena papap sudah enggak sabar nungguin, jadi aku pakai santan dari air matang biar cepet dan enggak terlalu panas saat disantap. hehehe...

Oya, curhat dikit ya Moms, fotonya terlalu penuh ya Moms? Jadinya kayak sesak gitu dipandang.

Terima kasih buat semua pembaca yang mau mengkritisi entry pada blogku ini. Terutama sang empu yang telah mengajariku fotografi, maaf kalau hasil bidikan kamera anak buahmu ini enggak sesuai keinginan. Tetap semangat untuk mengajariku ya empu? hehehe... Kalau dulu ada yang bilang " tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina", kalau sekarang "tuntutlah ilmu walaupun hanya di dunia maya". hihihi... Benarkan empu???


Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar