Thursday, September 12, 2013

Terang Bulan Mini Cokelat alias Martabak Manis Cokelat


Apa kabar Moms???

Kali ini aku mencoba membuat terang bulan mini lagi dengan versi cokelat. Harap maklum ya, keluargaku pecinta cokelat dan keju semua. Semua yang berkaitan dengan cokelat dan keju, menjadi favorit keluarga. Untuk terang bulan kali ini, aku beri taburan keju dan cokelat meisis. Mantab lah pokoknya, apalagi disantap saat masih hangat, hemmm..... yummy...


Untuk komposisi cokelatnya terdiri dari cokelat bubuk dan cokelat batang yang dilelehkan, terbayang betapa nyoklat banget kan Moms? Eits, masih ditambah dengan susu UHT cokelat yang mantab banget. Berhubung susu UHT cokelat itu sudah manis, aku hanya memberi sesendok gula pasir. Dulu pernah enggak aku kasih gula karena aku pikir sudah cukup manis dari susu dan taburan meisis plus olesan susu kental manis, tapi saat dicetak kulit pinggirannya kok malah enggak bisa bulat rata, kayak bunga jadinya, melengkung-lengkung pinggirannya. Tapi belum jelas juga sich itu karena enggak aku kasih gula pasir atau karena sebab tertentu. hehehe... Kali ini aku bikin satu resep dan jadi sekitar 22 buah. Langsung ludes dech. Berikut resep Terang Bulan Mini versi Cokelat.

Terang Bulan Mini Cokelat alias Martabak Manis Cokelat

Bahan :
250 gr tepung terigu (aku pakai segitiga biru)
1 sdm cokelat bubuk
1/2 sdt ragi instan

80 gr margarin
30 gr cokelat batang

2 buah telur
1 sdm gula pasir

350 ml susu UHT cair warna cokelat

1/2 sdt baking powder

gula pasir, susu kental manis, meisis dan keju secukupnya (untuk taburan)

1. Ayak tepung terigu dan cokelat bubuk, tambahkan ragi instan. Sisihkan.
2. Lelehkan mentega dan cokelat batang. Sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga rata. Bisa menggunakan mixer atau manual.
4. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk rata.
5. Tambahkan susu UHT, aduk rata.
6. Masukkan mentega dan cokelat leleh, aduk rata.
7. Diamkan hingga mengembang, sekitar 20 menit. Sambil menunggu adonan difermentasi, panaskan cetakan.
8. Setelah 20 menit, tambahkan baking powder pada adonan, aduk rata, siap dicetak.
9. Setelah matang, beri taburan.

Untuk 22 buah



Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment