Saturday, September 28, 2013

Pia Kering


Lihat penampakannya saja pasti sudah gemes Moms. Pia yang sengaja aku buat bulat-bulat mirip bakpao ini sekilas seperti roti isi. Tapi jangan salah, dalamnya garing lho, dan pastinya berlapis-lapis seperti bakpia pada umumnya. Lihat saja penampakan bagian dalamnya seperti berikut ini.


Walaupun pia keringnya sudah ludes tak bersisa, tapi masih ada rasa penasaran dalam pikiranku nich Moms. Pia yang aku buat ini isinya terlalu sedikit, jadi kalau mau bikin lagi, mesti aku gilas kulitnya setipis mungkin dan aku beri isian yang banyak, biar begitu nggigit, langsung dapat isiannya dech. Selain itu, isi yang aku buat kurang berwarna merah, jadi enggak begitu kelihatan kan di foto mana isiannya? Besok lagi kalau bikin mesti dibanyakin dech gula merahnya, dicatat ya !!! hehehe...


Untuk resep pia kering ini, aku menggunakan resep dari sebuah buku yang diberikan saat acara demo masak bareng Palmia (sebut merk dech jadinya). Hanya saja, aku modifikasi sedikit plus aku ganti isiannya dengan kacang hijau. Berikut resepnya.

Pia Kering

Bahan :
-kulit-
bahan A
100 gr margarin special
150 gr tepung terigu protein rendah

bahan B
300 gr tepung terigu protein rendah
40 gr gula halus
75 gr margarin special
135 ml air dingin
30 gr susu bubuk
1/2 sdt garam

-isian-
250 gr kacang hijau kupas
4 sdm gula putih
100 gr gula merah
1/2 sdt vanili bubuk
300 ml santan
(campur semua bahan, jerang di atas api hingga santan meresep)

kuning telur dan susu cair untuk olesan
keju parut untuk taburan

Cara membuat :
1. Campur bahan A, sisihkan.
2. Campur bahan B hingga rata, uleni tidak perlu terlalu kalis.
3. Letakkan bahan A di atas bahan B, seperti membuat kulit pastry, lalu lipat menyerupai amplop, sehingga bahan A tertutup oleh seluruh bahan B, istirahatkan selama 10 menit.
4. Roll hingga terbentuk persegi panjang, lalu lakukan lipatan tunggal, roll kembali dan lakukan lipatan ganda, roll kembali lalu istirahatkan selama 10 menit.
5. Tipiskan adonan cetak bulat menggunakan ring cutter, lalu isi dengan isian kacang hijau, bentuk bulatan.
6. Letakkan pada loyang yang sudah disemir margarin, beri olesan kuning telur, taburi keju parut.
7. Oven selama 15 menit / sampai matang.
8. Lanjutkan dengan warm mode seperti waktu membuat sus kering, selama 1 jam.


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment