Saturday, September 14, 2013

Red Velvet Cake and Red Velvet Cup Cake


Selamat siang menjelang sore Moms...

Hari ini mau share hasil bikin red velvet kemarin. Biasa lah, kena virus males posting dari kemarin. Red velvet ini menggunakan pewarna makanan buatan, di Blitar susah nyari buah beet untuk pewarna alami pada cake ini. Tapi yang penting aman dikonsumsi karena pewarna makanannya food grade Moms.


Karena bagian remahan sisa cake yang ditrip lumayan banyak, aku bikin dech red velvet cup yang berasal dari cake yang ditrip itu. Tapi cupnya pakai cup agar-agar bening seperti biasanya Moms, kan cakenya sudah matang, jadi tinggal masukin cup dan dihias. Wala... this is it, red velvet cup cake yummy...


Red velvet ini aku beri cream cheese frosting, untuk cakenya aku biarkan berwarna putih saja, sementara untuk versi cupnya aku beri tambahan cokelat leleh warna pink, jadinya cantik juga ternyata. Kemudiannya di atas cream cheese frosting warna pink ini, aku beri chocolate ganache. Hemm... bikin Zie langsung habis 1 1/2 cup Moms. Untuk resep cream cheese frostingnya aku tuliskan di foto berikut ini ya Moms.


Untuk resep Red Velvet Cakenya berikut aku share.

Red Velvet Cake

Bahan :
250 ml susu cair
1 sdt cuka makan
1 sdt pewarna merah

250 gr tepung terigu protein sedang
1sdm cokelat bubuk
1/2 sdt baking powder

125 gr butter
250 gr gula kastor

2 butir telur
1/2 sdt vanilla ekstrak

1/2 sdt cuka makan
1/2 sdt soda kue

Cara membuat :
1. Campur susu dan cuka, diamkan selama 10 menit agar menggumpal, kemudian masukkan pewarna makanan.
2. Ayak tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter dan gula hingga mengembang, masukkan telur dan vanilla ekstrak, kocok rata.
4. Masukkan tepung sepertiga bagian, aduk rata, kemudian masukkan susu cair setengah bagian, aduk rata atau menggunakan mixer speed rendah, lakukan hingga tepung habis.
5. Campur cuka dan soda kue, segera masukkan dalam adonan, aduk rata.
6. Tuang ke loyang ukuran 18 x 18 cm yang sudah diberi olesan margarin dan dialasi kertas roti.
7. Oven dengan panas sedang selama 40 menit atau hingga matang, tes tusuk bila perlu.


Zie numpang narsis ya Moms...




Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment