Saturday, May 10, 2014

Pastel Keong alias Karipap Pusing


Assalamualaikum Moms...

Mau curhat sedikit ya, sudah lama banget kepingin bikin pastel keong alias si karipap pusing ini, tetapi hasilnya aku beneran pusing. Tapi pusing bukan karena sulitnya membuat snack ini ya, pusing karena rutinitasku sendiri. Sebenarnya semalam pengen eksekusi menu ini, tapi baru bikin kulit aku sudah ngantuk, akhirnya aku malah tidur dan kulitnya aku masukkan lemari es. Berhubung mata sudah enggak kuat melek, adonan kulitnya enggak aku bungkus plastik, langsung aku taruh di wadah kedap udara saja. Pagi-pagi mau aku lanjut eksekusi malah si kulit kena air dari pinggiran wadah, alamak, enggak jadi lah karipap pusingku, jadinya malah kepalaku yang pusing. hahaha...


Karipap pusing ini menggunkan resep mbak Vivi, sudah beberapa bulan masuk listku, tapi malasnya itu lho yang enggak ketulungan. Oya, adonan yang aku buat malam itu hasilnya enggak bisa cantik, akhirnya aku bikin lagi seperempat resep mbak Vivi dan jadi 12 buah yang lumayan cantik penampakannya bagi pemula seperti aku. Berikut resepnya.

Pastel Keong alias Karipap Pusing
by : mbak Vivi "Jajane Vivi"

Bahan :
-bahan A-
100 gr mentega putih
50 gr margarin
300 gr tepung terigu protein sedang

-bahan B-
700 gr tepung terigu protein sedang
50 gr mentega
1 sdt garam
350 ml air

-isian-
200 gr kentang, kupas, bersihkan potong dadu kecil-kecil
200 gr wortel, kupas, bersihkan potong dadu kecil-kecil
3 siung bawang putih, cincang halus
5 siung bawang merah. cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang kasar
5 lembar daging asap, potong sesuai selera
50 ml air
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
1/2 sdt gula

minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Buat isian, rebus setengah lunak kentang dan wortel, angkat dan sisihkan. Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan daging asap, masak hingga daging berubah warna. Masukkan kentang, wortel dan air, aduk rata, tunggu sebentar hingga air menyusut, tambahkan bumbu-bumbu lainnya, icipi, matikan api. Dinginkan.
2. Membuat kulitnya, campur rata bahan A, tutup plastik dan sisihkan. Campur semua bahan B, uleni hingga kalis. Pipihkan bahan B, isi dengan bahan A hingga semua bahan A tertutupi dengan bahan B. Giling tipis adonan, lalu gulung, ulangi menggiling dan menggulung sebanyak 2 kali. Terakhir, gulung adonan dan padatkan.
3. Potong adonan kulit setebal 1 cm, pipihkan lalu beri isian, tutup adonan dan rekatkan bagian pinggirnya.
4. Goreng pastel keong hingga kuning kecokelatan.

Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment