Kamis, 29 Mei 2014

Kue Rangi



Selamat malam Moms...

Rasanya lama banget enggak buka blog, entah sudah berapa hari enggak bermanja-manja di dapur. hehehe... Beberapa hari ini menjadi Mama yang sok sibuk, bekerja mulai pagi (enggak terbiasa masuk pagi, hiks...) dan menjadi ibu rumah tangga dengan waktu istirahat yang menjadi berkurang. Oya, mau ngucapin selamat buat para anak didikku yang sudah diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN 2014, ini adalah awal perjalan baru kalian, tetep semangat demi meniti masa depan. Buat yang belum diterima lewat jalur SNMPTN ini, ayo semangat belajar, masih terbuka jalan yang lebar lewat jalur SBMPTN.


Kembali ke postingan kali ini, berhubung hari ini libur, akhirnya aku eksekusi resep kue tradisional asal jawa barat (bener gak ya asalnya? hehehe...). Kenapa harus eksekusi Kue Rangi, soalnya ada stock kelapa agak muda yang sudah diparut. Berhubung enggak punya cetakan Kue Rangi, akhirnya aku cetak pakai cetakan pukis. Sebenarnya cetakan pukisku sudah teflon yang enggak perlu diberi margarin, tapi aku masih enggak yakin bakal tidak lengket karena komposisi adonannya tidak pakai minyak ataupun mentega, akhirnya lapisan kulitnya enggak bisa mulus cantik, malah belang-blang kayak foto ini. Lain kali kalau bikin lagi enggak aku kasih margarin ah cetakkannya biar kulitnya bisa mulus. hehehe... Stock kelapa muda parutnya masih ada, bakalan bikin lagi pastinya karena lagi seneng sama jajanan tradisional Moms.


Kue Rangi

Bahan :

-bahan kue-
500 ml santan
2 lembar daun salam, disobek-sobek dan ditali simpul

1/3 butir kelapa agak muda yang ukurannya besar, parut memanjang
200 gr tepung beras
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir

-bahan saus gula-
100 ml air
2 sdm gula palm
2 sdm gula pasir
1 sdt tepung maizena + sedikit air, larutkan

Cara membuat :
1. Panaskan santan dan daun pandan hingga hampir mendidih, matikan api, dinginkan. Tujuannya dididihkan agar ada aroma pandannya.
2. Campur kelapa parut, tepung beras, garam dan gula pasir, siram santan yang sudah dingin sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata.
3. Panaskan cetakan pukis, cetak adonan hingga habis. Angkat.
4. Membuat saus gula, campur air dan gula, jerang diatas api hingga gula larut, masukkan cairan tepung maizena, aduk rata, tunggu mendidih, angkat dan dinginkan.
5. Siap disajikan.

Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar