Minggu, 04 Mei 2014

Pie Apel



Assalamualaikum Moms...

Lumayan lama ya jarak postinganku ini dengan sebelumnya, biasalah yang punya blog lumayan padat jadwalnya, hahaha... kayak artis saja ya jadwalnya padat, tapi kalau aku tepatnya sok sibuk. hihihi... Ini postingan pertama bulan Mei, pengen bikin yang temanya segar, tapi akhirnya malah bikin Pie Apel. Sebenarnya menu ini sekaligus memanfaatkan buah apel yang sudah sejak belanja bulan April lalu mulai nangkring di lemari es, tapi masih juga sisa 2 buah, akhirnya aku manfaatkan jadi Pie Apel ini.


Tema fotonya kali ini pengen yang serba putih saja backgoundnya, biar terlihat segar, bersih dan bersemangat untuk membuat karya masakan lagi secepatnya. hahaha... enggak nyambung sich sebenarnya. Cerita di balik pie ini, sebenarnya sudah masuk ke list masakan yang harus dieksekusi sejak beberapa bulan lalu, tapi baru ingat kalau pengen bikin ini malahan setelah lihat apel yang nganggur itu. Yang menyebarkan virus ini ke aku adalah Bunda Ricke, terima kasih ya bunda... Resepnya aku juga pakai milik Bunda Ricke, tapi seperti biasa, dengan sedikit modifikasi sesuai selera dapur-ziah.


Pie Apel

Bahan :
-isian-
2 buah apel ukuran besar, potong dadu kecil-kecil
1 sdt air jeruk lemon
2 sdm gula pasir
1 sdm gula palem
1/4 sdt garam
1 sdm tepung maizena
25 gr margarin
25 gr kismis, rendam air panas, cincang kasar

-kulit-
250 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm gula halus
50 gr margarin
100 gr mentega
1/2 sdt vanili bubuk
2 kuning telur

-olesan-
1 kuning telur, kocok lepas + 1/2 sdm susu UHT putih cair

Cara membuat :
1. Isiannya, campur apel dengan air jeruk lemon, tambahkan gula dan garam diamkan di lemari es 30 menit hingga keluar airnya. Masukkan tepung maizena, aduk rata lalu jerang di atas api hingga apel mulai empuk, angkat dari api, masukka margarin dan kismis, aduk rata dan dinginkan. Siap digunakan.
2. Untuk kulitnya, campur semua bahan kecuali kuning telur, aduk menggunakan pisau pastry atau sendok kayu, hingga berbulir seperti pasir kasar. Masukkan kuning telur, aduk rata. Tutup adonan menggunakan plastik wrap, simpan di lemari es hingga akan dicetak.
3. Cetak kulit di loyang pie yang sudah diolesi margarin tipis, beri isian, lalu hias bagian atasnya dengan adonan kulit yang dibentuk anyaman. Olesi bagian atas dengan olesan.
4. Panggang hingga matang atau sekitar 40 menit. Angkat dan sajikan.




Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar