Saturday, August 16, 2014

White Cake ala "NauraCakes"


MERDEKA!!!

Selamat hari ulang tahun Indonesiaku. Semoga semakin maju negaraku. Amin... Dalam rangka HUT RI ke-69 ini, aku postingkan cake yang temanya berbau merah dan putih. hehehe... Pembuatan cake ini sekaligus memberdayakan stock putih telur di lemari es yang banyak banget. Jadi buat Moms sekalian yang bingung menghabiskan stock putih telur sisa membuat cake ataupun cookies yang hanya membutuhkan kuning telur saja, ini bisa menjadi salah satu alternatif resep untuk segera menghabiskan putih telur yang ada.


Resepnya aku peroleh dari FB mbak Nina "NauraCakes", sudah masuk list resep yang harus dicoba sejak lama, tapi baru kesampaian hari ini. Resep sebenarnya adalah cake yang di kukus, tapi kali ini aku buat versi panggang karena menurut mbak Nina ini bisa juga dipanggang, akhirnya aku buatlah yang versi panggang ini. Cake ini diberi nama White Cake oleh pemiliknya, mungkin karena dibuat dari putih telur atau mungkin karena penampakan setelah matang berwarna putih (versi kukus tanpa pewarna), akhirnya diberi nama White Cake.


White Cake ala "NauraCakes"

Bahan :
225 gr gula pasir
250 gr tepung terigu protein sedang
200 ml putih telur
100 ml minyak sayur
1 sdt emulsifier
1/4 sdt vanili essens
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
*42 gr susu kental manis
*5 gr susu bubuk (aku pakai 1 sendok)
*100 ml air
(yang aku beri tanda * aku ganti semua dengan 100 ml susu UHT cair)

3 tetes pewarna pink

Cara membuat :
1. Panaskan oven dan olesi loyang dengan minyak. Sisihkan.
2. Campur semua bahan kecuali pewarna, lalu kocok hingga mengembang (metode all in one).
3. Ambil 4 sendok makan adonan, beri pewarna pink.
4. Tuang adonan putih 3 sendok makan dalam loyang, lanjut tuangi adonan pink sesendok makan tepat ditengah adonan putih sepanjang loyang, ulangi hingga adonan habis dan adonan 3/4 tinggi loyang.
5. Panggang hingga matang dengan api sedang selama 40 menit.


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment