Friday, August 22, 2014

Coffee Bun dengan Aneka Variasi Filling


Hallo Moms...

Apa kabar hari ini? Akhirnya bisa kembali berbagi resep ya, Kali ini mau share berbagai varian Coffee Bun yang biasa aku buat. Yang pasti harus dan wajib ada yang isian cokelat, karena ini favorite si papap. Kalau aku lebih suka versi original saja, lebih berasa kopinya. Tapi yang manapun yang ada, pasti tetap aku makan. hihihi...


Untuk resep rotinya, aku selalu pakai resep yang biasanya saja, sudah terlanjur cinta sama resep ini, hasil rotinya sesuai selera lidah keluarga kami. Sudah pernah juga aku share resep Coffe Bun ini di sini ya. Yang ini juga sama persis seperti resep itu, hanya saja aku beri isian cokelat dan vla vanila sebagian adonannya. Untuk topping aku buat dua resep, yang satu resep seperti biasanya, sedangkan satunya lagi versi cokelat. Berikut aku tuliskan semua versi yang aku buat, mulai dari yang oroginal, isi cokelat dan isi vla vanila, silahkan pilih sesuai selera, semoga enggak pusing dengan resep yang panjang karena memang beberapa versi.


Coffe Bun "Aneka Versi"

Bahan :
-roti-
11 gr (1 sachet) ragi instan
275 ml susu UHT, hangatkan (bisa juga menggunakan air + susu bubuk)

400 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung terigu protein sedang
5 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
3 kuning telur
100 gr mentega
1 sdm minyak sayur
1 sdt bread improver (optional, tadi aku enggak pakai, soalnya lupa aku taruh dimana, hehehe)

-filling original-
100 gr unsalt butter
2 sdm gula pasir halus
1/4 sdt vanila essens

-filling cokelat-
100 ml whipcream cair (bisa juga menggunakan whipcream bubuk + air es)
100 gr DCC
(bisa juga beli isian cokelat siap pakai di TBK)

-filling vla vanila-
50 gr vanila vla bubuk + pengencer sesuai petunjuk kemasan (minyak/air sesuai petunjuk)
(bisa juga beli vla vanila siap pakai di TBK)

-topping original-
50 gr butter
40 gr gula halus
38 gr kuning telur (aku edit menjadi 1 butir putih telur, hasilnya lumayan agak lama kriuknya si topping)
1 sdt kopi bubuk instan seduh dengan 1 sdt air panas (aku ganti dengan 1 sdt essens kopi)
sejumput kayu manis bubuk (kemarin aku enggak pakai agar aroma kopinya dominan)
50 gr tepung terigu ( aku pakai protein rendah)

-topping cokelat-
50 gr butter
40 gr gula halus
38 gr kuning telur (aku edit menjadi 1 butir putih telur, hasilnya lumayan agak lama kriuknya si topping)
1 sdt kopi bubuk instan seduh dengan 1 sdt air panas (aku ganti dengan 1 sdt essens kopi)
sejumput kayu manis bubuk (kemarin aku enggak pakai agar aroma kopinya dominan)
40 gr tepung terigu ( aku pakai protein rendah)
10 gr cokelat bubuk

Cara membuat :
1. Campur ragi instan dengan 150 ml susu hangat, diamkan hingga berbusa.
2. Campur semua bahan roti, masukkan susu yang sudah dicampur ragi instan sedikit demi sedikit, lanjutkan dengan sisa susu tanpa ragi, bila dirasa sudah cukup, hentikan memasukkan susu.
3. Uleni hingga kalis, tutup plastik, diamkan selama 45 menit. Sisihkan.
4. Untuk membuat isian original, campur semua bahan hingga rata, bekukan, lalu potong kotak-kotak sesuai ukuran yang diinginkan. Jika isian cokelat, panaskan whipcream hingga hangat saja, matika api dan masukkan DCC, aduk-aduk agar leleh, dinginkan di lemari es.
5. Toppingnya, kocok butter dan gula halus hingga mengembang, masukkan telur, essens kopi, kocok rata, masukkan tepung (plus cokelat bubuk bila yang versi cokelat), kocok rata. Taruh dalam plastik segitiga, siap digunakan.
6. Membuat rotinya, kempiskan adonan yang sudah difermentasikan, bagi menjadi 24 bagian, masing-masing sekitar 50 gr. Bulatkan adonan, pipihkan, lalu isi dengan filling, tutup dan bentuk bulat kembali. Taruh dalam loyang bersemir margarin, beri jarak karena adonan akan mengembang. Biarkan mengembang, tutup plastik.
7. Sambil menunggu adonan mengembang kembali, panaskan oven.
8. Setelah adonan mengembang, beri topping di bagian atasnya dengan cara potong sedikit ujung plastik segitiga, taruh adonan topping di atas adonan roti dengan cara melingkar seperti obat nyamuk bakar, mulai dari tengah.
9. Oven selama 20 menit atau sampai matang dengan suhu panas.


Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment