Wednesday, October 23, 2013

Bakpia Pathok


Sudah lama sekali pengen bikin bakpia pathok ini, tapi seperti biasa, mualesnya enggak ketulungan. Beberapa hari ini aku terserang virus malas dan juga virus flu, alhasil kondisi badan yang kurang fit selalu membuatku pengen nempel terus di bantal. Kembali ke bakpia pathok ku kali ini, aku buat untuk memenuhi request papap, selalu saja aku membuat snack kalau udah diminta sama papap, habis untuk akhir-akhir ini serasa menyusut waktuku untuk mengerjakan hal-hal yang aku senangi. Selalu saja ada halangan kalau habis masak mau memfoto atau ngeshare di blog. Entah sudah berapa jenis snack dan menu lain yang terlewat untuk aku abadikan.


Resep bakpia pathok ini aku ambil dari blog mbak diah didi di sini. Cara membuat yang dilengkapi foto step by stepnya bisa dilihat di sana. Aku mau bikin yang dilengkapi foto step by stepnya enggak ada yang bantuin foto. hehehe... Ini aku tuliskan ulang resepnya setelah disesuaikan dengan selera dapur ziah yaitu diganti isiannya dengan kacang hijau.

Bakpia Pathok

Bahan :
-kulit pelapis-
65 gr tepung terigu protein sedang
25 ml minyak sayur
1/2 sdm margarin

-kulit utama-
100 ml air
2 sdm gula pasir
125 gr tepung terigu protein sedang
65 gr tepung terigu protein tinggi
1/2 sdt garam
50 ml minyak sayur untuk dicampur ke adonan

150 ml minyak sayur untuk merendam kulit setelah diberi pelapis

-isian kacang hijau bisa dilihat di resep pia kering yang sebelumnya sudah pernah aku share di sini-

Cara membuat :
1. Campur bahan kulit pelapis, sisihkan.
2. Panaskan air kemudian masukkan gula, tunggu hingga gula larut, jangan sampai mendidih, angkat.
3. Campur terigu dan garan, siram dengan air gula, aduk rata, tambahkan minyak sayur, uleni hingga kalis.
4. Ambil adonan 5-10 gr, tipiskan lalu beri sedikit kulit pelapis, lipat seperti amplop kemudian bentuk menjadi bola, rendam dalam minyak sayur kurang lebih 15 menit.
5. Tipiskan adonan yang sudah direndam, lalu beri isian kacang hijau, bentuk bulat agak pipih, letakkan pada loyang yang sudah bersemir mentega.
6. Panggang sampai matang, bila perlu dibalik agar bagian atasnya juga berwarna kecokelatan.

Untuk 30 buah

Happy baking Moms...

2 comments:

  1. Cakep Mba..bakpia pathuknya..:)..dan keren fotonya..:)

    ReplyDelete
  2. Makasih sudah mampir mbak diah didi. Aku penggemar blog mbak diah lho, resep n fotonya bikin ngiler. Next time mau nyoba kue labu yang penampakannya menggoda. Bayangin aja sudah enak. Hehehe...

    ReplyDelete