Rabu, 30 Oktober 2013

Es Pisang Hijau (suka-suka)


Assalamualaikum Moms...

Hari ini dapur ziah bikin yang seger-seger nich, maklum lah, panasnya cuaca di tempatku enggak habis-habis beberapa minggu terakhir. Kali ini aku bikin Es Pisang Hijau /  Ijo (suka-suka), kenapa diberi embel-embel suka-suka, itu karena isiannya sesuka hati yang bikin, tetapi yang pasti ya bintangnya tetap ada yaitu si pisang hijaunya.


Untuk adonan pisang hijaunya aku bikin yang special lho, dijamin enggak keras walaupun disantap keesokan harinya. Rahasianya adalah dalam teknik pembuatannya yang seperti pembuatan jajan pasar nagasari, yaitu kulit hijau si pisang dimasak menjadi bubur terlebih dahulu, baru dilapiskan pada pisang.


Untuk warna hijaunya bisa menggunakan pewarna alami dari daun pandan dan air yang diblender kemudian disaring dengan perbandingan bahan 1 : 2. Tapi kali ini aku enggak ada daun pandan hijau, akhirnya pakai pewarna makanan yang food grade. Resepnya seperti berikut.

Es Pisang Hijau (suka-suka)

Bahan membuat pisang ijo :
7 buah pisang raja, kukus sebentar

-bahan kulit pisang hijau-
100 gr tepung terigu protein sedang
100 gr tepung beras
300 ml santan kental
250 ml santan encer
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir bubuk
2 tetes pasta pandan
3 tetes pewarna hijau (bisa juga menggunakan pewarna alami dari daun pandan)

1 sdm margarin
daun pisang secukupnya
lidi untuk menyemat daun pisang

sagu mutiara, rebus hingga matang, dinginkan
nata decoco
bubur sumsum (aku enggak pakai tadi, males bikinya, hehehe...)
susu kental manis
sirup merah
es batu. serut

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kulit pisang hijau, aduk rata kemudian saring dan letakkan pada wadah yang tahan panas, kukus  selama kurang lebih 30 menit.
2. Angkat, segera aduk dengan sendok kayu hingga adonan kalis, tambahkan margarin agar adonan licin.
3. Ambil sesendok sayur, letakkan pada duan pisang / plastik wrap, pipihkan lalu beri pisang kukus, bungkus pisang dengan adonan, bentuk seperti membuat nagasari, bisa menggunakan lidi pada ujung-ujung daun bila menggunakan daun pisang.
4. Kukus kembali selama 15 menit. Angkat dan dinginkan. Siap di potong-potong dan digunakan.

Penyajian :
ambil es batu serut, beri bubur sumsum, sagu mutiara , pisang ijo potong dan aneka isian lainnya sesuai selera (aku malah ngasih nata decoco juga, hehehe...), siram dengan susu kental manis dan sirup merah (bisa coco pandan / ros / rasa lain sesuai selera). Siap disajikan.


Happy baking Moms...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar