Thursday, February 20, 2014

Serikaya Kurma


Selamat malam Moms...

Ceritanya sih lagi kangen sama serikaya, tapi bingung mau rasa apa, akhirnya memberdayakan kurma yang sudah nangkring di kulkas. Tarammm... Jadilah Serikaya Kurma yang manis walaupun tanpa gula. Kali ini langsung aku jadikan satu antara ketan dan adonan kurmanya, tujuannya biar efisien waktu dan tenaga. Aku taruh dalam 10 cup alumunium foil kecil dan 2 buah ramekins ukuran sedang. Hasil akhirnya enak Moms, manisnya alami dan pas menurutku, tinggal disendoki makannya, tak terasa sudah habis 3 cup alumunium foil, uppsss.... Lupa diet dech.


Penampakan lapisan ketan dan adonan kurmanya seperti foto di atas, bagian bawah diisi dengan ketan, lalu disiram adonan kurma, kemudian dikukus agar adonan kurma bisa set. Perpaduan ketan, kurma dan aroma pandan benar-benar membawa hidungku ke suasana bulan Ramadhan. hahaha... Jadi ingat waktu sibuk nyiapin buka puasa dengan menu yang beraneka ragam.


Berikut resepnya ala dapur-ziah ya Moms, bisa dimodifikasi sesuai selera keluarga.

Serikaya (Serimuka) Kurma

Bahan :
-lapisan ketan-
250 gr beras ketan, cuci bersih lalu rendam 3 jam, tiriskan
150 gr santan kental
1/4 sdt garam
1 buah daun pandan, sobek-sobek simpulkan

-lapisan kurma-
125 gr kurma tanpa isi
75 ml santan kental
1 butir telur
1/4 sdt garam

Cara membuat :
1. Kukus ketan 20 menit. Selama menunggu ketan dikukus, panaskan santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, matikan api. Campur kentan kukus dengan santan rebus, aduk rata. Lalu kukus kembali selama 30 menit. Sisihkan.
2. Blender semua bahan lapisan kurma.
3. Isi 2/3 cup dengan ketan kukus, kemudian siram dengan adonan kurma sampai cup penuh. Kukus selama 30 menit. Angkat dan sajikan.


Happy baking Moms...

2 comments:

  1. manteb tenan,,,pengen nyoba tapi kok beras ketan disini muaaaaaaahal,;(

    ReplyDelete
  2. Hehehe... beli 250 gr aja buat tombo kepengen mbak. Klo deket dah tak kirimi mbak,lha sampean nan jauh di sana,berat di ongkir. Xixixi...

    ReplyDelete