Friday, August 22, 2014

Ayam Kampung Goreng Kecap "Lengkap"


Assalamualaikum Moms...

Alhamdulillah bisa update resep setelah beberapa hari cuma nampang fotonya saja. hehehe... Sebenarnya permintaan suami adalah olahan bebek, berhubung di tempat langgananku itu harus pesan dahulu (minimal H-1) jika beli daging bebek, akhirnya aku banting setir sajalah ke ayam kampung biar enggak bolak-balik gitu. Nah bedanya kalau beli ayam potong itu boleh perkilo tapi kalau ayam kampung harus perekor, akhirnya aku beli lah satu ekor ayam kampung. Karena terpesona sama sosok ayam kampung utuh ini, akhirnya aku olah dalam bentuk utuh juga, pas lihat juga postingan kak Azlita "Masam-Manis" yang posting olahan ayam bentuk utuh seperti ini, akhirnya aku copy deh ide dan resep kak Ita ini, hanya saja bumbu rempah yang digunakan aku sesuai dengan lidah pribumi kami. Terima kasih kak Ita atas sharing resep kreatifnya.


Untuk sandingannya aku buat Sop Bening dan Sambal "Bu Rudy" yang sedang naik daun di group masak FB yang aku ikuti. Sampai-sampai sambal ini menjadi favorite keluarga kami juga, waktu itu ibu main ke rumah, katanya tumben aku bikin sambel super pedes, tapi enak bikin pengen nambah. hihihi... Tapi hati-hati buat yang punya masalah perut seperti aku, setelah makan sambal ini, dijamin perut langsung protes. hehehe...


Ayam Kampung Goreng Kecap
by : Che' Nom
rujukan : Kak Ita "Masam-Manis" dimodifikasi dapur-ziah

Bahan :
1 ekor ayam kampung, bersihkan

-bumbu rebusan / presto-
1,5 liter air
1 sdm garam (sesuaikan dengan kebisaan Moms saat mempresto saja)
2 inci jahe, geprek lalu potong korek api
2 inci lengkuas, geprek lalu potong korek api
5 lembar daun salam
2 batang serai, geprek
1 sdt kaldu ayam

-bahan lumuran ayam sebelum digoreng-
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdm madu
3 butir bawang putih, haluskan
1 inci jahe, haluskan

minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Presto / rebus ayam bersama semua bumbu rebusan, selama 45 menit atau hingga empuk. Angkat dan tiriskan.
2. Campur semua bumbu untuk melumuri ayam, oleskan ke seluruh permukaan ayam hingga rata, ulangi jika perlu.
3. Diamkan ayam selama 30 menit.
4. Panaskan minyak, goreng hingga seluruh bagian ayam terkena minyak, goreng hingga matang, angkat dan tiriskan.


Sop Bening
by : Kak Ita "Masam-Manis" dimodifikasi dapur-ziah

Bahan :
1 buah kentang, potong dadu
1 buah wortel, iris tipis

250 ml air sisa rebusan ayam
500 ml air biasa
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 inci kayu manis
1 batang daun bawang, potong-potong

1 sdm bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat :
1. Rebus kentang dan wortel hingga empuk, angkat dan saring.
2. Rebus air kaldu, air biasa dan bumbu-bumbu lainnya hingga mau mendidih, masukkan wortel dan kentang rebus, tunggu mendidih, icipi dan siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

Sambal "Bu Rudy"
by : mbak Rina Rinso dimodifikasi dapur-ziah

Bahan :
250 gr cabe rawit (aku pakai 150 gr cabe rawit merah dan 100 gr cabe rawit hijau)
250 gr bawang merah (aku pakai campuran bawang merah dan putih)

200 ml minyak goreng
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir (aku tambah jadi 2 sdm supaya enggak terlalu pedes, hihi...)

Cara membuat :
1. Goreng cabe dan bawang utuh hingga setengah matang.
2. Haluskan cabe dan bawang, asal saja tidak usah terlalu halus.
3. Goreng cabe dan bawang halus, tambahkan kaldu, garam dan gula, biarkan hingga minyak berubah warna menjadi merah.
4. Angkat dan dinginkan, simpan dalam wadah kedap udara.

Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment