Saturday, April 26, 2014

Egg Tart / Pie Susu


Assalamualaikum Moms...

Selamat berakhir pekan ya!!! Kali ini mau share hasil olahan tadi pagi, sebenarnya telat banget nyoba membuat Egg Tart ini, yang lain sudah sejak tahun 2012 dulu, eh aku malah baru sekarang bikin. hehehe... Sebenarnya sudah aku bookmark resep ini sudah lama banget, entah sudah berapa tahun saking lamanya jadi lupa. hahaha... Untuk resep Egg Tart ini aku ambil dari blog bunda Ricke " Just Ordinary Kitchen", berhubung sudah banyak yang praktek dan hasilnya memuaskan, akhirnya aku pun pakai resep ini.


Untuk membuat Egg Tart ini, Moms bisa menyesuaikan tebal tipisnya kulit sesuai selera. Berhubung aku takut kebanyakan menggunakan 1 resep dan terlalu sedikit kalau membuat setengah resep, akhirnya aku membuat kulit 2/3 resep, semua bahan aku konversikan. Sedangkan isiannya aku membuat separuh saja, alhamdulillah pas banget jumlah kulit sama isiannya. Maklumlah guru matematika, jadi sukanya diitung-itung semuanya. hehehe... Hasilnya enak Moms, aku bikin jadi sekitar 15 buah.


Egg Tart

Bahan :
-kulit-
325 gr tepung terigu protein sedang
2 kuning telur
1,5 sdm gula halus
200 gr mentega (aku pakai 100 gr mentega dan 100 gr margarin)

-isian-
150 ml susu kental manis
200 ml air
4 kuning telur, kocok lepas
15 gr tepung custard
1/2 sdt vanilla essens

Cara membuat :
1. Membuat kulit, campur semua bahan, lalu aduk mengunakan pisau pastry, setelah berbentuk buliran kecil, siap di cetak di cetakan tart atau pakai loyang muffin yang sudah diolesi margarin tipis, lakukan hingga adonan habis.
2. Membuat isian, campur semua bahan, lalu aduk rata dan saring.
3. Masukkan isian ke adonan kulit yang sudah dicetak tadi hingga penuh.
4. Oven menggunakan api super kecil, agar permukaan tidak menggelembung dan pecah, selama 40 menit.

Catatan :
* Gunakan sendok kayu kalau tidak punya pisau pastry seperti aku, hehehe... Jangan menggunakan tangan, nanti kulitnya jadi keras.
** Api harus benar-benar kecil agar tidak menggelembung isiannya.

Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment