Sabtu, 12 April 2014

Gurame Acar Kuning




Assalamualaikum Moms...

Selamat berakhir pekan ya, sudah merancang menu untuk besok belum??? Mumpung weekend ayo semangat memasak. Kali ini aku share resep gurame acar kuning. Kalau bosan dengan gurame yang digorneg atau dipanggang saja, ini salah satu alternatifnya. Gurame goreng disiram dengan acar dan kuah kuning. hemmm... enak dan segar.


Untuk acarnya, aku menggunakan mentimun yang dipotong kotak memanjang, wortel dan brokoli rebus (sebentar saja merebusnya) yang kemudian direndam air es agar warnanya tetep cantik. Nah, untuk kuah kuningnya, aku enggak menggunakan santan, males keluar beli kelapa parut, mau buka santan instan juga bingung buat apa sisanya kalau cuma butuh sedikit, intinya adalah pengen bikin menggunakan bumbu kemiri. hehehe... Biar warna kuningnya cantik, aku beri kunyit seujung jari saja, biar menyumbang warna yang kuning merona.


Gurame Acar Kuning

Bahan :
ikan gurame, cuci bersih
1 buah jeruk nipis
1 sdm garam
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
air secukupnya
minyak untuk menggoreng

-kuah kuning-
5 buah kemiri
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
seujung jari kunyit

minyak untuk menumis

3 cm lengkuas, geprek
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
250 ml air +1 sdt maizena (larutkan maizena dalam air)

-sayuran untuk acar-
mentimun, potong kotak memanjang
wortel, potong kotak memanjang lalu rebus, setelah diangkat rendam dalam air es
brokoli,  rebus, setelah diangkat rendam dalam air es

Cara membuat :
1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan 10 menit, cuci bersih lagi, sisihkan.
2. Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam. Tambahkan sedikit air, lalu lumurkan pada ikan hingga bumbu merata, diamkan 10 menit agar bumbu meresap.
3. Goreng ikan dalam minyak panas hingga matang. Sisihkan.
4. Membuat kuah kuningnya, haluskan kemiri, bawang merah, bawang putih dan kunyit. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus dan lengkuas geprek hingga harum. Masukkan merica bubuk dan garam, aduk sebentar, tambahkan air larutan maizena, tunggu mendidih lalu cicipi, angkat dari api.
5. Penyajian, taruh ikan gurame goreng dalam piring besar, beri sayuran potong di atasnya, lalu siram dengan kuah kuning.
6. Siap disajikan.

Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar