Minggu, 20 April 2014

Petulo


Assalamualaikum...

Selamat hari minggu Moms, kali ini posting yang seger-seger saja. Awalnya aku tanya ke papap pengen dibikinin apa, nah kali ini ditantang bikin petulo. Ini adalah olahan tepung beras yang dijadikan dessert yang manis. Disajikan dengan kuah santan dan gula, biasanya menggunakan pelengkap ketan atau serabi yang dipotong-potong. Berhubung mau pakai yang praktis, aku menggunakan cendol saja.


Katanya papap sich ini jajanan khas Malang, waktu masa kecilnya banyak yang jualan, tapi sekarang sudah sangat jarang. Makanya agak sulit nyari jajanan ini katanya. Resep petulonya aku ambil dari Sajian Sedap, enak dech, hanya saja kata papap belum sama teksturnya sama yang pernah dia tahu, katanya sich biasanya "ampyar" satu sama lain, apa ya bahasa Indonesianya??? Intinya satu sama lain terpisah, kayak mie jagung yang sudah direbus itu kata papap. Kemungkinan besar kenapa teksturnya enggak sama adalah karena aku tidak menggunakan cetakan asli petulo, enggak tau juga sich belinya dimana cetakannya, aku pakai penghancur kentang, dari hasil googling bentuknya ada kemiripan. hehehe... Kalau mau bikin lagi, coba dech begitu keluar dari penghancur kentang langsung masuk air mendidih aja, walaupun caranya agak ngarang tapi sepertinya hasilnya OK. hahaha... Tapi secara keseluruhan sudah memuaskan.


PETULO
sumber : Sajian Sedap

Bahan :
150 gr tepung beras
300 ml santan
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
3 tetes pewarna pink

50 gr tepung sagu (tambahkan hingga adonan bisa dicetak)

-pelengkap-
Cendol
Kuah santan dan gula

Cara membuat :
1. Campur tepung beras, santan, garam, gula dan pewarna, aduk rata lalu jerang di atas api sambil terus diaduk hingga meletup-letup.
2. Angkat dari api, pindahkan ke mangkok, biarkan hangat, tambahkan tepung sagu sambil diuleni hingga rata dan adonan bisa dicetak.
3.  Cetak adonan, hasilnya seperti mie, gulung sebesar bola pingpong, alasi daun pisang, lakukan hingga adonan habis.
4. Kukus adonan selama 15 menit atau hingga matang.
5. Sajikan dengan kuah santan dan gula serta cendol.
6. Siap disajikan.

Petulo ini aku gunakan sebagai setoran Monthly Event Pawon Ibu #33 yang bertemakan "Kuliner Indonesia Tempo Doeloe". Semoga ini masuk kategori ya???


Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar